Jutawan Dunia Ramai-ramai Hengkang dari Perancis - Kompas.com

Jutawan Dunia Ramai-ramai Hengkang dari Perancis

Ridwan Aji Pitoko
Kompas.com - 24/02/2017, 09:37 WIB
AFP PHOTO / JEFF PACHOUD Ribuan orang berkumpul mengheningkan cipta bersama untuk memberikan penghormatan kepada para korban serangan mematikan di kantor koran satir Perancis Charlie Hebdo, di Lyon, Prancis, Rabu (7/1/2015). Tiga orang bersenjata api menyerang kantor Charlie Hebdo, menewaskan 12 orang.

KompasProperti — Jika Australia menjadi negara favorit para jutawan dunia, lain halnya dengan Perancis yang justru harus kehilangan orang-orang kaya.

Baca: Australia, Tujuan Utama Orang Kaya

Berdasarkan laporan New World Wealth, sebanyak lebih dari 12.000 jutawan hengkang dari Perancis pada 2016.

Secara total, Perancis telah kehilangan lebih dari 60.000 orang kaya dalam kurun waktu 17 tahun terakhir sejak medio 2000-an.

Kepala Peneliti New World Wealth Andrew Amoils meyakini ketegangan agama sebagai alasan orang-orang kaya tersebut angkat kaki dan pindah ke negara lain, seperti Inggris, Kanada, Australia, Amerika Serikat (AS), dan bahkan Israel.

Melemahnya ekonomi Perancis dan serangkaian aksi teror di sana juga menjadi alasan eksodus tersebut.

New World Wealth mengatakan, tingkat kriminalitas, pajak, dan masalah finansial adalah beberapa faktor yang mendorong jutawan untuk meninggalkan tanah kelahirannya.

"Meningkatnya fenomena migrasi itu juga mengkhawatirkan karena para jutawan tersebut membawa uang dalam jumlah besar. Ini berdampak secara negatif terhadap mata uang lokal, pasar saham lokal, dan pasar properti lokal," tulis New World Wealth.

PenulisRidwan Aji Pitoko
EditorHilda B Alexander
SumberCNN,
Komentar
Close Ads X