Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Usung Isu Ketahanan Pangan pada Pertemuan NARBO

Kompas.com - 23/02/2017, 12:30 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Pertemuan umum tiga tahunan Network of Asian River Basin Organizations (NARBO) digelar oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada 22 Februari hingga 24 Februari 2017.

Digelarnya acara tersebut bertujuan untuk pertukaran informasi dan pengalaman terkait penanganan permasalahan sungai dan sumber daya air (SDA) di negara-negara anggota.

"Dari pengelolaan sungai di negara-negara Asia kami membagi pengalaman, kesulitan, dan penanganannya. Bagaimana dan apa yang mesti dilakukan dan dengan berbagi tersebut diharapkan bisa mendapat alternatif penyelesaian," kata Direktur Jenderal SDA Kementerian PUPR Imam Santoso, di Jakarta, Kamis (23/2/2017).

Pertemuan yang keenam kalinya itu sekarang telah melibatkan 18 negara Asia terdiri dari 91 organisasi atau balai sungai di 18 negara tersebut.

Ada pun negara-negara yang menjadi anggota NARBO adalah Australia, Bangladesh, Butan, Kamboja, RRC, India, Indonesia, Jepang dan Korea Selatan.

Kemudian sembilan negara lainnya adalah Laos, Malaysia, Myanmar, Nepal, Pakistan, Filipina, Sri Lanka, Thailand, dan Vietnam.

"Kami sendiri dalam NARBO keenam ini membawa isu ketahanan pangan, melalui pembangunan 65 bendungan, rehabilitasi irigasi seluas 3 juta hektar, pembangunan satu juta hektar irigasi baru, penanganan banjir, pengamanan pantai, dan penyediaan air baku," jelas Imam.

Selain berbagi pengalaman dan informasi terkait SDA, NARBO juga dijadikan ajang untuk mempresentasikan dan adopsi rencana kerja setelah pertemuan dilakukan.

Selain itu juga untuk memilih tubuh konstitusional dan menerima anggota-anggota baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com