Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dikembangkan 27 Tahun, Populasi Jababeka 1,2 Juta Orang

Kompas.com - 21/02/2017, 14:49 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

CIKARANG, KompasProperti - Pengembangan Jababeka Residence atau Kota Jababeka seluas 5.600 hektar di Cikarang telah berlangsung selama 27 tahun.

Pada rentang tahun tersebut, kawasan kota mandiri yang dibangun PT Jababeka Tbk telah diisi sejumlah fasilitas dengan beberapa proyek properti komersial.

"Populasi di sini sudah ada 400.000 orang, sementara ditambah para penglajh jumlahnya 1,2 juta," ujar Presiden Direktur PT Grahabuana Cikarang, Sutedja Sidarta Darmono di Jababeka Golf and Country Club, Jababeka Residence, Cikarang, Selasa (21/2/2017).

Perhitungan 400.000 ini berasal dari jumlah perumahan sebanyak 80.000 unit. Satu hunian biasanya terdiri dari 5 anggota. Sementara penglaju merupakan para pekerja yang tinggal di luar Cikarang.

Sejak 1989, pengembangan Jababeka meliputi pembangunan apartemen, pusat bisnis dan komersial, lapangan golf, convention centre, sarana olahraga, universitas serta rumah sakit.

Fasilitas transportasinya antara lain Commuter Line, Feeder Bus, ditambah 3 akses tol untuk mendukung mobilitas menuju Kota Jababeka.

Kota Jababeka juga memiliki fasilitas infrastruktur yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan para penghuninya, meliputi power plant (Bekasi Power), water treatment plant (WTP), waste water treatment plant (WWTP) dan fasilitas logistik (Cikarang Dry Port).

Di bidang kesehatan, saat ini sudah beroperasi tiga rumah sakit bertaraf nasional yaitu RS Permata Keluarga, RS Harapan Keluarga, dan RS Mitra Keluarga.

Sementara untuk fasilitas pendidikan telah berdiri 16 lembaga pendidikan berstandar nasional maupun internasional.

Ada fasilitas pendidikan yang dikembangkan oleh Jababeka yaitu President University yang tercatat memiliki 7.000 mahasiswa aktif, Al-Azhar, BPK Penabur, Santo Leo dan sekolah lainnya.

Untuk fasilitas komersial, hingga saat ini telah berdiri sembilan hotel di Kota Jababeka seperti Holiday Inn, Fave Hotel, Batiqa, dan beberapa hotel lainnya, termasuk yang dikembangkan perseroan seperti Presrdent Executive Club (PEC).

“Melihat potensi berbagai pengembangan yang telah dilakukan, Jababeka Residence saat ini merupakan kawasan pengembangan kelas menengah atas dan dalam waktu dekat akan segera bertransformasi ke kelas atas,” kata Sutedja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com