Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasarkan Produk Rumah Tangga, Samsung Incar Kelas Atas

Kompas.com - 19/02/2017, 20:04 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

SINGAPURA, KompasProperti - Produk-produk besutan Samsung Electronic Co Ltd dibanderol dengan harga yang fantastis. Meski demikian, Samsung yakin produknya masih diminati pasar, khususnya segmen kelas atas.

Pasalnya, menurut Director Corporate Marketing Samsung Indonesia Jo Semidang, penetrasi penggunaan peralatan rumah tangga di Indonesia masih kurang bila dibandingkan negara lain di Asia.

"Samsung lebih condong ke target market yang mature, segmen menengah ke atas," ujar Jo kepada KompasProperti, di Bread Street Kitchen, Marina Bay Sands, Singapura, Kamis (17/2/2017).

Jo mengatakan, produsen lain mungkin mengejar pasar yang lebih besar, yakni menengah dan menengah ke bawah. Namun, biasanya mereka tidak mencari inovasi, melainkan memikirkan bagaimana barang bisa murah.

Dengan demikian, untuk mengurangi beban, ada sejumlah material yang diganti atau fitur-fitur tertentu dihilangkan agar harganya terjangkau.

Sementara Samsung, kata Jo, senantiasa mencari inovasi terbaru untuk para konsumen kelas atas.

"Barang-barang dengan inovasi premium seperti Family Hub 2.0, memang enggak murah. Teapi ada orang yang mau beli dengan harga lebih, dan dapat manfaatnya lebih," tutur Jo.

Ia menambahkan, saat ini masyarakat kelas atas jumlahnya berkisar 5-10 persen dari seluruh penduduk Indonesia.

Jika penduduk Indonesia secara total yakni 250 juta, masyarakat dengan kemampuan daya beli tinggi berkisar 12,5-25 juta orang.

"Pasarnya besar. Konsumen ini memang cari inovasi baru. Kalau ke toko, orang-orang ini akan tanya produk terbaru apa," kata Jo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com