Tengah Tahun, Penglaju Bisa Lewat Tol Pemalang-Batang - Kompas.com

Tengah Tahun, Penglaju Bisa Lewat Tol Pemalang-Batang

Ridwan Aji Pitoko
Kompas.com - 17/02/2017, 12:55 WIB
Pusat Komunikasi Publik Kementerian PUPR Kondisi terkini konstruksi Jaringan Tol Trans Jawa Ruas Batang-Semarang per 9 Januari 2017.

SEMARANG, KompasProperti - Tol Pemalang-Batang menjadi salah ruas jalan jaringan Tol Trans-Jawa yang ditargetkan fungsional pada arus mudik Lebaran 2017 nanti.

Maka dari itu, baik konstruksi maupun pembebasan lahannya saat ini terus dikebut oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Kalau di Kabupaten Batang saja lahan yang bebas 70 persen. Tetapi secara keseluruhan dari Pemalang sampai Pekalongan sudah 94 persen," tutur Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, di Semarang, Kamis (16/2/2017).

Sedangkan untuk konstruksi ultimate-nya yang dijadwalkan rampung pada 2018 nanti progresnya masih sekitar 10 persen.

Penyelesaian pada 2018 juga berbarengan dengan keseluruhan ruas yang ada di Jaringan Tol Trans Jawa sehingga bisa beroperasio secara penuh pada tahun itu juga.

"Namun, fungsional Pemalang-Batang pasti mudik tahun ini. Dengan pembebasan lahan yang sudah 94 persen saya sangat yakin," jelas Basuki.

Jalan Tol Pemalang-Batang sepanjang 39,2 kilometer dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Pemalang Batang Toll Road.

Jalan ini dirancang dalam dua seksi. Total investasinya Rp 4,08 triliun dengan biaya tanah Rp 803 miliar dan biaya konstruksi sebesar Rp 2,27 triliun.

PenulisRidwan Aji Pitoko
EditorHilda B Alexander
Komentar
Close Ads X