Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tender Tol Semarang-Demak Tahun Ini

Kompas.com - 17/02/2017, 07:55 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

SEMARANG, KompasProperti - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana untuk segera melakukan tender Jalan Tol Semarang-Demak pada tahun ini.

"Untuk Tol Semarang-Demak sekarang mau ditenderkan. Mudah-mudahan tahun ini bisa ditenderkan," tutur Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Universitas Diponegoro Semarang, Kamis (16/2/2017).

Dua konsorsium yakni PT Pembangunan Perumahan (persero) Tbk-PT Wijaya Karya (persero) Tbk dan PT Jasa Marga (persero) Tbk-PT Waskita Toll Road ditetapkan lulus prakualifikasi pelelangan pengusahaan Jalan Tol Semarang-Demak.

Tender tersebut direncanakan berlangsung tahun ini guna menindaklanjuti hasil prakualifikasi lelang pengusahaan jalan tol.

Menurut Kepala Badan Pengaturan Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Hery Trisaputra Zuna jalan tol yang dirancang sepanjang 30 kilometer tersebut penting untuk memecah kemacetan dari jalur Pantai Utara (Pantura) Jawa.

Dengan pembangunan jalur tersebut, nantinya akses dari dan menuju arah Semarang bisa terhubung jaringan tol.

Basuki menyatakan, nilai investasi Jalan Tol Semarang-Demak diperkirakan sekitar Rp 9 triliun, tetapi jumlah itu tidak hanya digunakan untuk membangun jalan tol.

"Nilai itu tidak hanya tol, juga untuk mengatasi rob ke arah demak. Kalau 2017 ini bisa dilelang sampai pembebasan lahan maka 2018 kami bisa mulai pembangunannya," jelas dia.

Jalan Tol Semarang-Demak membutuhkan lahan seluas 1.887.000 meter persegi. Lahan dibagi menjadi dua seksi, yatu seksi I Kota Semarang dan Seksi II Kabupaten Demak.

Seksi I Kota Semarang meliputi Kecamatan Genuk, terdiri dari Kelurahan Terboyo Wetan, Terboyo Kulon dan Trimulyo.

Sementara Seksi II di Kabupaten Demak meliputi empat kecamatan, yaitu Kecamatan Sayung yang mencakup Desa Sriwulan, Bedono, Purwosari, Sidogemah, Sayung, Loireng, dan Tambakroto.

Kemudian Kecamatan Karangtengah meliputi Desa Batu, Wonokerto, Kedunguter, Dukun, Karangsari, Pulosari, dan Grogol.

Terakhir Kecamatan Wonosalam meliputi Desa Karangrejo, Wonosalam, Kendaldoyong, dan Kecamatan Demak di Kelurahan Kadilangu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com