Minggu, 26 Februari 2017

Properti

Jalan Rusak Parah, Warga Sindir Pemda Lewat Video di Youtube

Jalan di Lampung

BANDAR LAMPUNG, KompasProperti - Akses jalan yang rusak memang sangat mengganggu aktivitas. Apalagi jika jalan ini sering dilalui oleh warga dan tidak kunjung diperbaiki oleh pemerintah daerah.

Bandar Lampung merupakan salah daerah di Indonesia dengan kondisi jalan yang kurang memadai dan rusak di sejumlah titik.

Kesal pada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung yang terkesan abai terhadap kondisi ini, sejumlah warga menciptakan lagu dan video kreatif untuk menyindir dinas terkait.

Melalui Youtube, akun bernama Yona Hernanda mengunggah video yang saat ini sudah disaksikan oleh 2.400 orang dan mendapat 117 likes.

"Jalanku keren, tak bisa dikalahkan. Jalanku hancur, seperti habis perang. Sungguh hebatnya orang yang lewat sini. Setiap hari, rutenya kayak reli," bunyi sepenggal lagu dalam video tersebut.

Akun Yona memfokuskan video berdurasi 1 menit 52 detik ini, pada kondisi jalan di Sukadamai, Natar, Lampung Selatan.

Dalam cuplikan video yang diunggah 6 Februari 2017 tersebut, terlihat mobil-mobil besar seperti truk, kesulitan saat melewati jalan yang berlubang.

Tidak hanya berlubang, sejumlah titik bahkan belum diaspal dan masih berpasir. Selain tergenang ketika hujan, jalan ini juga menjadi sangat berlumpur sehingga licin dan berbahaya bagi pengendara hang melintas.

Sebaliknya, ketika musim kemarau, jalan berpasir ini menjadi berdebu.

Untuk jalan yang sudah diaspal juga tidak lebih baik kondisinya. Karena di beberapa titik berlubang sangat besar, mampu menampung air layaknya kolam ikan.

Hal unik lainnya, video ini juga menyindir Jakarta dan Bandung yang sangat maju infrastrukturnya.

"Di ibu kota sudah bicara mass rapid transit (MRT), teman-teman di Bandung ngomongin smart city. Kita di Lampung masih harus berjuang, lihat mobil gede lewat jalan berlubang," bunyi cuplikan lagu berjudul "Jalanku Hancur Kayak Kolam Ikan".

Pada akhir video terdapat harapan pemilik akun Yona bahwa nantinya prasarana jalan di Lampung bisa lebih baik.

Ia juga berharap dinas terkait mau meninjau sekaligus memperbaiki jalan tersebut.

Penulis: Arimbi Ramadhiani
Editor : Hilda B Alexander
TAG:

TERPOPULER