Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Contraflow" Berlaku sampai Pembangunan Jalan Layang Pancoran Selesai

Kompas.com - 13/02/2017, 08:23 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

Jakarta, KompasProperti — Pengaturan lalu lintas contraflow Cawang-Semanggi sudah berlangsung sejak pukul 06.15 WIB hari ini, Senin (13/2/2017).

Sampai pukul 09.00 WIB, pengendara dari Cawang-Semanggi Km 1+700-Km 8+100 dapat menggunakan lajur alternatif pada jalur sebaliknya.

Tujuan dari pemberlakuan pengaturan lalu lintas ini adalah mengurangi kepadatan kendaraan akibat pembangunan proyek jalan layang Pancoran dan light rail transit (LRT).

"Harapan dari Polda, contraflow ini berlaku sampai selesainya pembangunan flyover Pancoran dan mungkin LRT. Memang cukup lama, tetapi kami evaluasi," ujar GM Cawang-Tomang-Cengkareng PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Bagus Cahaya, di Tol Dalam Kota Jakarta.

Evaluasi ini meliputi efektivitas contraflow dalam mengurangi kepadatan dan kendala yang terjadi selama hal itu berlangsung.

Selain itu, evaluasi ini juga mencakup perhitungan jumlah pengendara yang melewati lajur alternatif serta apakah contraflow ini menghambat lajur sebaliknya ke arah Semanggi.

"Mulai minggu depan kami evaluasi dan ke depan evaluasinya setiap satu minggu sekali," sebut Bagus.

Contraflow hanya dilakukan pada saat hari kerja, yakni Senin-Jumat dan pada jam-jam sibuk pagi hari selama 3 jam, yaitu pukul 06.00-09.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com