Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada "JR Connexion", Harga Rumah Bakal Naik

Kompas.com - 12/02/2017, 18:11 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Kemudahan transportasi publik ditengarai menjadi pendorong kenaikan harga rumah, dan tanah.

Peningkatan harga itu bisa juga terjadi pada perumahan-perumahan yang nanti akan dilalui oleh bus-bus Jabodetabek Residence (JR) Connexion, salah di antaranya adalah Summarecon Bekasi.

"Saya belum bisa prediksi (kenaikan harga) mengingat kondisi ekonomi dan juga industri properti sendiri yang sekarang belum pulih," ucap Direktur PT Summarecon Agung Tbk Adrianto P Adhi, kepada KompasProperti, Jumat (10/2/2017).

Berdasarkan informasi situs properti independen Brickz.id, harga rata-rata rumah di Summarecon Bekasi selama 12 bulan terakhir berada di angka Rp 2 miliar dengan rata-rata harga tanah per meter perseginya Rp 12,96 juta.

Kendati begitu, Adhi meyakini hal yang pasti terjadi dengan adanya "JR Connexion", semakin memudahkan penghuni Summarecon Bekasi yang bekerja di Jakarta dalam mengakses transportasi.

"Karena itu, kami menyambut baik rencana 'JR Connexion', karena tujuannya kan mengurangi mobil yang ada di jalan raya sehingga dapat mengurangi kemacetan," tambahnya.

Selain dilintasi "JR Connexion", Summarecon Bekasi juga telah bekerja sama dengan TransJakarta dalam melayani rute Bekasi ke Jakarta dan sebaliknya.

"Kerja sama rute Summarecon Bekasi-Jakarta kami maksimalkan dengan membangun halte Transjakarta di samping Summarecon Bekasi. Bus ini juga melayani warga di Bekasi Utara," jelas dia.

Senada dengan Adhi, Direktur PT Ciputra Development Tbk (CTRA) Harun Hajadi mengaku tidak mengetahui berapa persen kenaikan harga yang terjadi dengan beroperasinya "JR Connexion" tersebut.

Kompas.com/Alsadad Rudi Kondisi di dalam bus Jabodetabek Residence (JR) Connexion yang melayani pemberangkatan dari Lippo Cikarang di Bekasi.
Menurut dia, "JR Connexion", dan transportasi umum lainnya pasti mengatrol nilai properti karena membangun konektivitas ke tempat-tempat lain.

"Ujung-ujungnya, selain menambah nilai itu juga akan menambah demand sehingga akan mengakibatkan kenaikan harga," ujarnya, Minggu (12/2/2017).

Proyek perumahan milik CTRA yang bakal disinggahi "JR Connexion" adalah Citra Indah Jonggol, CitraGran Cibubur, dan CitraRaya Tangerang.

Harun menerangkan, ketiga proyek tersebut bakal mengalami kenaikan berbeda lantaran menyasar segmen pasar yang berbeda pula.

Untuk saat ini, harga tanah di tiga proyek itu bervariasi mulai dari yang termurah Rp 2 juta hingga Rp 12 juta per meter persegi.

Rencananya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meluncurkan bus-bus "JR Connexion" yang merupakan bus khusus warga perumahan di Bekasi, Bogor, Cibubur, Depok, Serpong, hingga Tangerang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com