Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Genjot Sejuta Rumah, REI Usulkan Beberapa Hal

Kompas.com - 08/02/2017, 20:30 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Asosiasi Pengembang Real Estat Indonesia (REI) mengusulkan beberapa hal kepada pemerintah guna menggenjot Program Sejuta Rumah.

Setidaknya ada tiga hal yang diusulkan, yakni penghapusan BI checking kredit pemilikan rumah (KPR) untuk PNS, TNI, dan Polri, uang muka atau down payment (DP) satu persen untuk pengembang, dan lima persen bagi masyarakat umum.

Kemudian memperkecil bunga pinjaman untuk pengembang yang ingin membangun rumah MBR.

"Ya itu salah satu wacana internal kami sebagai salah satu cara untuk menggenjot Program Satu Juta Rumah," ucap Ketua REI Soelaeman Soemawinata, kepada KompasProperti, Selasa (7/2/2017).

Kendati demikian, Eman, begitu dia disapa belum menyampaikan hal tersebut ke pemerintah dan masih menjadi pemikiran di kalangan internal REI.

"Semua sedang kami sempurnakan karena nantinya bukan hanya usul tersebut yang akan kami sampaikan ke pemerintah," tambah Eman.

Sejak digulirkan tiga tahun silam oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Program Nasional Pembangunan Sejuta Rumah belum bisa mencapai target.

Pada 2015, program tersebut hanya mencapai 699.700 unit rumah dan pada 2016 mengalami peningkatan menjadi 805.169 unit rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com