Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Multifungsi, Stasiun Kereta Menyatu dengan Balai Kota dan Ruang Publik

Kompas.com - 07/02/2017, 22:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

KompasProperti - Tak banyak tempat di dunia yang memiliki berbagai fungsi dalam satu bangunan, terlebih jika fungsi tersebut berlainan.

Salah bangunan seperti itu ada di Kota Växjö, Swedia. Stasiun kereta yang baru dibangun juga diperuntukkan sebagai balai kota dan ruang hidup perkotaan tempat berkumpulnya masyarakat.

Bangunan dengan atap berbentuk prisma tersebut merupakan proposal desain milik White Arkitekter yang berhasil memenangkan sebuah kompetisi desain.

Desain bangunan tersebut mengombinasikan bentuk ekspresif dengan aksesabilitas dan memberikan serangkaian ruang bagi warga, pengunjung, dan para pekerja.

Struktur kayu dengan luas bangunan 1,39 hektar ini ditutup dengan atap miring elegan yang membuat rendahnya konsumsi energi bangunan.

Tiga pintu masuk utama menghubungkan ruang-ruang di dalam bangunan dengan kota dan menghubungkan ke ruang tengah yang berfungsi sebagai ruang publik.

Fasilitas yang melengkapinya adalah kantor, area eksibisi, ruang tunggu, kafe, dan toko-toko serta ruang pertemuan multifungsi dengan area kerja modern.

White Arkitekter menggunakan bahan kaca untuk keseluruhan eksterior, sedangkan fitur kayu lebih mencolok pada interiornya.

Tujuan White Arkitekter adalah menciptakan sebuah bangunan di garis depan melalui struktur berkelanjutan dan untuk mencapai sertifikasi lingkungan tertinggi dari Pemerintah Swedia.

"Orang-orang pun akan ditempatkan di jantung bangunan ini yang akan secara sosial, ekonomis, dan ekologis berkelanjutan dari waktu ke waktu," jelas Ketua Arsitek White Arkitekter Klara Frosterud.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com