Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki Prioritaskan Perbaikan Jalur Pantura

Kompas.com - 07/02/2017, 14:30 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menegaskan akan memprioritaskan perbaikan sejumlah ruas jalan strategis nasional terutama Jalur Pantai Utara Jawa (Pantura).

Pasalnya, menurut Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga Kementerian PUPR, kondisi jalan strategis nasional kini telah berada dalam kategori rusak parah sehingga sudah sepatutnya segera ada perbaikan.

"Kalau prioritasnya sekarang ada di Pantura, Wangon, Gresik, dan Pasuruan. Itu semua ruas jalan yang harus segera diperbaiki," tutur Basuki, di Auditorium Kementerian PUPR Jakarta, Selasa (7/2/2017).

Khusus untuk di Gresik, menurut Basuki kerusakan jalan terjadi lantaran adanya perubahan tata ruang yang dulunya rawa-rawa menjadi kawasan industri.

"Sehingga, perubahan tata ruang tersebut membuat loading truk-truk lebih besar lagi," tambah dia.

Sembilan ruas jalan yang terbentang dari Pamanukan-Lohbener-Palimanan sepanjang 102,23 kilometer telah mendapatkan penanganan serta rehabilitasi besar-besaran.

"Ini pertama di Jawa Barat dari mulai Pamanukan sampai Palimanan. Langsung kami tangani karena sudah ada kontraknya dan akan kami dorong supaya efektif," kata Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Arie Setiadi Moerwanto, di Jakarta, Senin (6/2/2017).

Sedangkan untuk provinsi Jawa Tengah, terdapat dua wilayah ruas jalan yang teridentifikasi mengalami kerusakan parah dan ringan.

Pertama dimulai dari Ruas Jalan Pejagan-Prupuk-Batas Banyumas-Ajibarang-Wangon dengan total panjang mencapai 99,93 kilometer.

Kemudian yang kedua, yakni mulai dari Ruas Jalan Wangon–Buntu–Kebumen-Purworejo-Karangnongko (Batas DI Yogyakarta) dengan total mencapai 138,29 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com