Terungkap, Desain Hotel Baru untuk Jemaah Haji di Mekkah - Kompas.com

Terungkap, Desain Hotel Baru untuk Jemaah Haji di Mekkah

Arimbi Ramadhiani
Kompas.com - 03/02/2017, 20:00 WIB
Foster Partners Desain baru Mekah oleh Foster Partners

 

KompasProperti - Desain Foster + Partners untuk hotel dan properti mewah di jantung Mekkah, Arab Saudi, yang menang kompetisi telah diungkap ke publik.

Terinspirasi oleh arsitektur tradisional Arab, desainnya menafsirkan klaster bangunan padat, menciptakan vernakular kontemporer baru sebagai rasa hormat pada lokasi yang suci.

Mengikuti daerah pegunungan, elemen yang mengalir ke bawah membentuk topografi baru. Pengembangan proyek multifungsi ini akan membuat gerbang baru sepanjang rute ke Masjidil Haram untuk jemaah haji dari seluruh dunia.

"Kami benar-benar senang telah memenangkan kompetisi. Mekkah adalah salah kota paling unik di dunia," kata Kepala Studio dan Senior Executive Partner, Luke Fox.

Fox mengatakan, sebagai rumah dari Ka'bah, situs paling suci dalam Islam, Mekkah menyajikan tantangan khusus sekaligus kehormatan bagi setiap pengembang dan arsitek.

Menurut dia, desain Foster fokus pada pembentukan bangunan inovatif yang menjunjung pentingnya Masjidil Haram.

"Skema ini membahas kekurangan akomodasi di Mekkah dalam menanggapi pertumbuhan pesat jumlah pengunjung," sebut Fox.

Menempati sebagian besar situs, orientasi dari semua kamar dan apartemen mengoptimalkan pemandangan ke arah Ka'bah, yang merupakan titik fokus utama untuk setiap pengunjung.

Nantinya, setiap kamar memiliki ruang khusus untuk aktivitas doa pribadi dan kontemplasi lengkap dengan pemandangan langsung ke Masjidil Haram dan Ka'bah.

Lokasi proyek ini dekat dengan stasiun kereta berkecepatan tinggi Haramain dan Masjidil Haram.

Sebuah jalur pejalan kaki yang dramatis terintegrasi dengan topografi baru akan membuat peziarah dapat melewati ruang yang menyala secara alami, menambah pengalaman khusus dalam mengunjungi Masjidil Haram.

Pendek kata, desain ini dibuat dengan filosofi mewah yang rendah hati serta bersahaja.

"Atas nama semua tim desain saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Jabal Omar Development Company karena memilih bekerja sama dengan kami," tuntas Fox.

PenulisArimbi Ramadhiani
EditorHilda B Alexander
Komentar
Close Ads X