Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AlfaLand Targetkan 50 Hotel dalam 3 Tahun

Kompas.com - 01/02/2017, 19:44 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - AlfaLand Group menargetkan dapat membangun, dan mengelola 50 hotel yang mencakup 6.000-7.000 kamar, dalam kurun waktu tiga tahun mendatang. 

Presiden Direktur AlfaLand Group Hanto Djoko Susanto mengutarakan rencana perusahaannya kepada KompasProperti, Rabu (1/2/2017). 

Ke-50 hotel tersebut diproyeksikan menelan investasi senilai Rp 2,5 triliun. Angka ini hanya ongkos konstruksi, tidak termasuk pembelian lahan.

"Di luar hostel, CX Hostel Bali, dan Alfa Resort Hotel and Conference, saat ini kami sudah mengelola dan memiliki tiga hotel dengan brand Cordela, yakni Cordela Kwitang, Grand Cordela Bandung, dan Cordela Medan," tutur Djoko.

Tahun ini, ada dua hotel Cordela yang akan dibuka yakni Cordela Pangkal Pinang di Provinsi Bangka Belitung, dan Cordela Cikini Jakarta.

Sementara, hotel lain yang akan dibangun tersebar di Pangandaran, Kuningan, Lampung, Anyer, Tanjung Balai Karimun, dan beberapa destinasi bisnis serta leisure di seluruh Indonesia.

Direktur Pelaksana AlfaLand Kurnia Sukrisna menambahkan, seluruh hotel yang akan dikembangkan ini dikelola oleh Omega Hotel Management (OHM).

"OHM merupakan perusahaan hospitalitas yang kami bentuk. Jadi, nanti kami yang mengelola sendiri. Ke depan, kami berharap bisa menjadi pemain hotel skala regional, sebagai fast growing regional operator," kata Kurnia.

OHM sendiri merupakan bagian dari tiga pilar AlfaLand. Dua lainnya adalah property management, dan real estate development

Oleh karena itu, pertumbuhan OHM akan terus digenjot. Selain karena kinerja hotel-hotel kelolaan OHM menunjukkan catatan positif sekitar 65 persen hingga 75 persen, juga proyeksi bisnis yang menjanjikan.

"Kami yakin bisnis perhotelan sangat menjanjikan. Permintaan tak hanya berasal dari kamar, melainkan juga bisnis meetingincentivesconvention, dan exhibition (MICE)," sebut Kurnia.

Karawang dan Subang

Sementara untuk pilar property management, AlfaLand tengah mempersiapkan proyek multifungsi (mixed use development) di Karawang, dan Subang (Jawa Barat).

Di Karawang, Djoko memaparkan, AlfaLand akan mengembangkan residensial tapak, hotel, apartemen, rumah sakit, ruko, dan ruang ritel (arcade) di atas lahan seluas 28 hektar. 

Untuk tahap pertama, mereka akan membangun infrastruktur dasar, dan utilitas yang diperkirakan menghabiskan dana sekitar Rp 80 miliar hingga Rp 100 miliar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com