Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gratis, Lapak untuk UKM di IKEA Alam Sutera!

Kompas.com - 31/01/2017, 17:30 WIB
Arimbi Ramadhiani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

TANGERANG, KompasProperti - IKEA Indonesia akan menyediakan ruang bagi para pemilik Usaha Kecil dan Menengah (UKM) lokal untuk memamerkan dan menjajakan produknya.

Ruang 2x2 meter persegi bernama Teras Indonesia ini bebas biaya sewa alias gratis bagi para UKM yang memanfaatkannya.

"Kami ingin membantu masyarakat, tidak mencari profit," ujar Country Government Relation Manager IKEA Indonesia Tony Mampuk di IKEA Alam Sutera kepada KompasProperti, di Tangerang, Senin, (30/1/2017).

Tony melanjutkan, ruang ini bisa dimanfaatkan pengusaha UKM di bawah binaan Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA).

IKEA dan YDBA telah menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) sebagai bentuk kerja sama antara dua belah pihak.

Dalam kerja sama tersebut, selain menyediakan ruang usaha di area pamer Alam Sutera, IKEA Indonesia juga memanfaatkan jaringan untuk menyebarluaskan informasi produk UKM.

"Tentu kami akan melakukan kegiatan komunikasi eksternal dengan memasukkan (informasi UKM) ke sosial media kami supaya pengunjung IKEA tahu," sebut Tony.

Kamar tidur di IKEA Alam SuteraArimbi Ramadhiani Kamar tidur di IKEA Alam Sutera
Dia menambahkan, alih-alih mengambil untung, peritel furnitur asal Swedia ini justru berupaya agar para pemilik UKM dapat menarik pengunjung setia IKEA.

YDBA telah mendaftarkan 30 UKM binaan yang berhak menggunakan ruang Teras Indonesia untuk diseleksi kembali oleh IKEA.

"Dari 30 UKM ini, kami seleksi yang sesuai dengan tema, karena tidak semua masuk kriteria. Kami mengharapkan minimal 3 UKM dalam tiap event," tutur Tony.

Menurut dia, tema toko IKEA sendiri selalu berubah setiap dua bulan. Misalnya, jika tema toko tentang penyimpanan, maka UKM yang menjual tempat tisu dan lemari diperbolehkan menggunakan lapak Teras Indonesia.

Nantinya, sepanjang 2017, Teras Indonesia bisa digunakan untuk pameran ataupun berjualan pengusaha UKM lokal pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu pertama setiap bulannya. Kegiatan ini rencananya akan dimulai pada Februari 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com