Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat IKEA, Produk Indonesia Mendunia

Kompas.com - 30/01/2017, 14:30 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

TANGERANG, KompasProperti - Kementerian Perdagangan Republik Indonesia melakukan kunjungan ke toko IKEA Alam Sutera, Tangerang, dalam rangka meninjau kampanye Produk Buatan Indonesia.

Banyak desain dengan standar kualitas IKEA Swedia telah lama diproduksi di Indonesia dan diekspor ke seluruh gerainya di dunia.

Hadir mewakili Kementerian Perdagangan adalah Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Srie Agustina dan Direktur Bina Usaha Perdagangan Kementerian Perdagangan Faetnayeti.

"Kalau produk Indonesia masuk ke satu gerai (IKEA) saja, maka di seluruh gerai di dunia juga akan masuk," ujar Srie di IKEA, Senin (30/1/2017).

Menurut Srie, cara ini cukup menguntungkan bagi Indonesia. Mengingat, proses satu barang untuk bisa diekspor ke negara tertentu biasanya harus melalui sejumlah proses.

IKEA merupakan peritel kelas dunia yang bisa menjadi perantara produk Indonesia untuk berkembang.

HBA/Kompas.com IKEA meluncurkan Katalog 2016, Senin (1/9/2015). Tampak dalam gambar katalog raksasa yag dipamerkan di Senayan City, Jakarta.
Sementara itu, General Manager IKEA Indonesia, Mark Magee mengatakan, Indonesia telah menjadi pemasok IKEA selama lebih dari 20 tahun.

"Selain itu, banyak produk buatan Indonesia yang didesain dengan standar kualitas IKEA Swedia, dijual di toko-toko IKEA di seluruh dunia dan menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari," sebut Mark.

Saat ini, porsi produk buatan Indonesia sebanyak 8 persen dari produk IKEA di seluruh dunia.

Pasar internasional menerima produk tersebut melalui global supply chain IKEA yang diekspor ke hampir 400 toko IKEA di 48 negara sejak 20 tahun yang lalu.

Ini jauh sebelum IKEA membuka toko pertamanya di Indonesia pada Oktober 2014.

”Kami sangat menghargai kehadiran jajaran Kementerian Perdagangan Republik Indonesia ke IKEA Alam Sutera yang mendukung upaya kami menjadikan produk yang dibuat di Indonesia masuk ke pasar dunia," imbuh Mark.

Kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai upaya mendorong pengusaha Indonesia untuk bisa bersaing secara global dengan memproduksi perabot rumah yang desain oleh IKEA Swedia, dengan kualitas baik dan harga yang terjangkau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com