Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Hal Bisa Bikin Jakarta Layak Huni

Kompas.com - 28/01/2017, 23:53 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Demi mewujudkan Jakarta sebagai kota nyaman ditempati atau livable city, dibutuhkan beberapa kriteria khusus yang mesti dilakukan pemimpinnya.

Menurut Ikatan Ahli Perencana (IAP), penciptaan Jakarta agar menjadi livable city harus lepas dari dominasi korporasi.

"Artinya, pembangunan di Jakarta nggak boleh didominasi pihak kapital besar karena bisa membuat tata kota amburadul," tutur Ketua IAP Jakarta Dhani Muttaqin dalam Dialog Menggagas Tata Ruang Masa Depan Jakarta, Jumat (27/1/2017).

Kemudian, lanjut Dhani dalam membuat Jakarta menjadi kota nyaman ditempati adalah perihal birokrasi yang tidak boleh menghalangi pembangunan.

Pasalnya, birokrasi rente kerap mempersulit pembangunan sehingga terkesan lambat karena mengurus perizinan yang tak kunjung rampung.

Ketiga, tidak boleh ada dominasi dari populerisme pemimpinnya karena nantinya semua peraturan bisa diterabas oleh yang bersangkutan.

"Ketiganya itu harus digeser ke dominasi civil society, dominasi semua warga kota, semua yg punya kepentingan di kota terutama warganya sehingga kota menjadi kota pluralisme dan didominasi civil society," tandas Dhani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com