Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terima Laporan Insiden, IKEA Kembali Tarik Produknya

Kompas.com - 25/01/2017, 13:30 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

Tangerang, KompasProperti — IKEA kembali menarik produknya. Setelah beberapa produk mengakibatkan cedera para penggunanya, jaringan ritel furnitur asal Swedia ini kembali menerima laporan tentang kejadian serupa.

Baca: IKEA Tarik Produk Lampu

Mereka meminta kepada para pelanggan yang telah membeli kursi pantai MYSINGSÖ sebelum bulan Februari 2017 untuk mengembalikan produk tersebut ke semua tokonya. Pelanggan dijanjikan akan mendapat pengembalian berupa voucer IKEA.

"Kami telah menerima lima laporan insiden terkait kursi pantai MYSINGSÖ yang terjatuh selama diduduki akibat perakitan produk yang salah," ujar Ivony dari Emerson Asia Pacific for IKEA Indonesia, melalui keterangan tertulis yang diterima KompasProperti, Selasa (24/1/2017).

Kelima kejadian tersebut merupakan cedera pada jari dan membutuhkan penanganan medis. Cedera yang dilaporkan tersebut terjadi di Finlandia, Jerman, AS, Denmark, dan Australia.

Baca: IKEA Tarik Produk Pengaman Bayi

Setelah mencuci kain dudukan, pengguna dimungkinkan untuk merakit ulang kursi dengan cara yang tidak benar sehingga mengarah pada risiko terjatuh atau jari pengguna terjepit.

Meski demikian, IKEA tetap memprioritaskan produk yang aman. Semua produknya harus sesuai dengan hukum internasional dan nasional serta standar yang relevan.

"Kursi pantai MYSINGSÖ telah melalui uji mekanis, uji kain, dan uji kimia yang relevan dengan hasil yang telah disetujui," sebut Ivony.

Setelah menerima laporan tersebut, investigasi menyeluruh mulai dilakukan. Investigasi ini mengarah pada kesimpulan bahwa kualitas desain produk harus ditingkatkan untuk lebih mengurangi risiko kesalahan saat perakitan dan cedera.

Rencananya, kursi versi terbaru akan tersedia di toko IKEA mulai bulan Februari 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com