Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Takut Mendekorasi Kamar Kos Sempit, Ini Panduannya...

Kompas.com - 19/01/2017, 13:00 WIB
Lidwina Hanna Ratna Maharrini,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ukuran kamar kos yang sempit seharusnya tidak menghalangi penghuninya untuk berkreasi dalam dekorasi.

Yang perlu diingat, dekorasi yang dibuat harus pas. Artinya, jangan sampai barang atau perlengkapan dekorasi membuat kamar kos terasa lebih sempit.

Tipsnya, menurut desainer interior Aghnia Fuad, sebaiknya jangan memilih produk dekorasi yang sifatnya tiga dimensi.

“Lebih baik pilih sesuatu yang sifatnya tidak memenuhi ruangan. Misalnya sesuatu yang menempel di dinding,” tutur perempuan yang kerap disapa Ghina ini kepada Kompas.com, Rabu (19/1/2017).

Coba percantik dinding kamar dengan hiasan simpel. Anda bisa menempel foto-foto di dinding tanpa pigura, atau membuat hiasan dari barang bekas, lalu menempelnya di dinding dengan membentuk pola tertentu.

Memilih furnitur baru sebagai barang dekorasi pun sebenarnya sah-sah saja. Ghina mengatakan, pilih furnitur yang bentuknya menarik plus punya fungsi yang tepat buat ruangan.

“Kita bisa pilih lampu meja yang unik. Itu sudah pasti berfungsi untuk penerangan saat bekerja, tetapi juga mampu menjadi dekorasi dalam ruangan,” kata Ghina.

Dalam mendekorasi, pilih barang yang sifatnya bukan dekorasi saja, tetapi juga yang dapat memberi manfaat fungsional.

Ghina menekankan, dekorasi ruang kamar mesti disesuaikan juga dengan keinginan dan kebutuhan penghuni. Tips-tips di atas bisa menjadi acuan untuk diterapkan di kamar yang sempit. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com