Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Okupansi Stabil, Jakarta Tambah Dua Mal Tahun Ini

Kompas.com - 19/01/2017, 11:11 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar ritel menunjukkan performa relatif stabil sepanjang 2016 dengan ditandai pertumbuhan okupansi yang moderat.

Tak seperti sektor lainnya yang mengalami kelebihan suplai, sektor ritel terutama di Jakarta relatif stabil daya tarik sewa naik secara bertahap, khususnya di area komersial.

Jumlah pasokan kumulatif ruang ritel di Jakarta saat ini adalah seluas 4,57 juta meter persegi. Angka ini berasal dari tambahan empat pusat perbelanjaan yang beroperasi selama 2016 dengan luasan area 121.000 meter persegi.

"Jumlah itu membawa peningkatan sebesar 2,7 persen dibandingkan pertumbuhan yang terjadi pada tahun sebelumnya," ujar Senior Associate Director Colliers International Indonesia Ferry Salanto.

Bassura City Mall di Jakarta Timur menjadi pusat belanja pertama yang beroperasi pada 2016. Kemudian diikuti NEO SoHo Mall at Podomoro City di Jakarta Barat dan Pantai Indah Kapuk (Avenue) di Jakarta Utara.

Sementara Green Pramuka City Mall di Jakarta Pusat memulai operasinya pada kuartal-IV 2016.

Keempat pusat belanja tersebut sama-sama dibangun di dalam sebuah kompleks residensial baik apartemen maupun rumah tapak.

"Tujuan adanya pusat belanja di dalam sebuah kompleks hunian diharapkan mampu menggenggam pengunjung potensial dalam jumlah yang besar di sekitar area tersebut," imbuh Ferry.

Sejatinya, Jakarta Selatan diprediksi akan mendapat tambahan pusat perbelanjaan baru, yakni SOHO Shopping Mall di Pancoran pada tahun lalu.

Namun, penyelesaiannya dimundurkan hingga 2017. Proyeksi tambahan ruang ritel di Jakarta pada tahun ini pun menjadi seluas 68.000 meter persegi.

Tambahan tersebut berasal dari dua pusat belanja, yakni SOHO Shopping Mall Pancoran seluas 8.000 meter persegi dan New Harco Plaza dengan luas 60.000 meter persegi.

Secara total, Jakarta akan mendapatkan hampir 400.000 meter persegi ruang ritel tambahan baru dari 10 pusat belanja dari 2017 hingga 2019.

Saat ini, sebanyak 35 persen dari suplai masa depan tersebut sedang dalam tahap konstruksi.

Selain SOHO Shopping Mall dan New Harco Plaza yang keduanya dimiliki oleh Agung Podomoro Land, pusat belanja lainnya yang sedang dibangun adalah AEON Mall di Jakarta Garden City sejak awal 2015.

Selain di Jakarta Garden City, AEON juga berencana mengembangkan pusat belanjanya di Southgate, sebuah pengembangan kawasan terpadu di Lenteng Agung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com