Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menara Eiffel Direnovasi dengan Biaya Rp 4,2 Triliun

Kompas.com - 18/01/2017, 23:30 WIB
Lidwina Hanna Ratna Maharrini

Penulis

KOMPAS.com - Menara Eiffel akan direnovasi untuk menyambut pesta olah raga akbar Olimpiade 2024. Renovasi itu memakan biaya hingga 318 juta dollar AS atau ekuivalen Rp 4,2 triliun.

Publik mungkin tidak akan melihat perubahan pada menara bersejarah ini secara langsung, sebab proses renovasi akan berjalan selama 15 tahun ke depan.

Pemerintah kota Paris mengatakan, perubahan dan dampaknya baru akan terasa saat renovasi sudah selesai dikerjakan.

Perubahan itu berupa peningkatan keamanan, perbaikan pada halte tempat pengunjung berteduh saat turun salju atau hujan, perbaikan elevator, modernisasi lantai dua, serta ruang dan pengaturan arus pengunjung yang lebih baik.

Renovasi ini bermula sejak Paris mengajukan diri menjadi tuan rumah dari Olimpiade dan Paralimpiade 2024 serta World Expo 2025.

Dilansir dari The Guardian, Wakil Wali Kota Paris Jean-François Martins mengatakan setengah dari biaya renovasi akan digunakan untuk merombak menara, termasuk elevator.

Untuk diketahui, selama ini menara yang setiap tahunnya dikunjungi 7 juta orang itu masih menggunakan beberapa elevator buatan Gustave Eiffel zaman dulu.

Selain itu, perubahan fisik yang juga bakal terasa ada pada lampu. Menurut dia, lampu-lampu yang terpasang di Menara Eiffel akan dibuat lebih modern, sehingga membuat kota Paris lebih cantik pada malam hari.

Ke depannya, pemerintah kota akan membenahi fasilitas umum, seperti tempat berteduh yang layak buat wisatawan. Martin mengaku saat ini fasilitas itu masih belum memenuhi kebutuhan turis mancanegara.

“Nantinya akan ada lebih banyak tempat untuk wisatawan berteduh saat antre masuk menara. Saat ini, mereka mengantre sambil kehujanan dan terpapar salju. Rasanya itu masih harus diperbaiki,” ujar Martin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com