Selasa, 28 Maret 2017

Properti

Sebelum Kalap Belanja di IKEA, Cek Dahulu Usia Anda!

Arimbi Ramadhiani Toko IKEA Indonesia, di Alam Sutera, Tangerang, Banten, Senin (13/10/2014).

KOMPAS.com — Sebelum pergi berbelanja perlengkapan rumah tangga di IKEA, cek dulu berapa usia Anda sekarang.

Boleh jadi, usia Anda terlalu tua untuk berbelanja di toko ritel furnitur dan perlengkapan rumah tangga asal Swedia ini.

Di Amerika, IKEA menjual barang dengan harga murah. Itu sebabnya, orang Amerika punya kebiasaan dan senang berbelanja di sini untuk keperluan penataan dan dekorasi huniannya. 

Namun, baru-baru ini ada sebuah studi dari Earnest yang menunjukkan, pada usia berapa orang Amerika mulai meninggalkan IKEA.

Hasil studi itu menunjukkan, pengunjung IKEA didominasi oleh orang-orang berusia pertengahan 20 tahun sampai pertengahan 30 tahun.

Earnest mencatat, orang-orang berusia 24 tahun adalah yang paling banyak berbelanja di IKEA. Kebiasaan berbelanja di sini berhenti pada saat orang-orang menginjak usia 34 tahun.

Saat menginjak usia 30 tahun, orang mulai meninggalkan kebiasaan berbelanja furnitur atau perlengkapan rumah tangga murah.

HBA/Kompas.com IKEA meluncurkan Katalog 2016, Senin (1/9/2015). Tampak dalam gambar katalog raksasa yag dipamerkan di Senayan City, Jakarta.
Studi itu mencatat, saat menginjak usia 30, pada umumnya orang-orang telah lebih makmur secara finansial.

Pada usia itu, selera terhadap desain dan dekorasi untuk hunian pun meningkat. Hal itu diikuti pula dengan kecenderungan untuk membeli furnitur dan perlengkapan rumah tangga dengan harga yang lebih mahal.

Bagi orang-orang berusia 30 tahun ke atas dengan kondisi finansial yang telah matang, hal itu tidak lagi menjadi beban.

Menurut studi tersebut, orang-orang dengan usia 30 tahun ke atas cenderung lebih suka berbelanja ke toko-toko yang lebih spesifik menjual peralatan rumah tangga dan aksesori rumah.

Toko favorit orang Amerika yang berusia 30-an adalah Bed Bath & Beyond dan Williams-Sonoma.

Arimbi Ramadhiani Salah satu room setting, atau tata ruangan di IKEA Alam Sutera, Tangerang, Banten.
Sementara itu, untuk orang-orang berusia lebih tua, yakni 48 dan 51 tahun, sekaligus orang tertua dalam data riset Earnest, lebih memilih menata rumahnya dengan barang-barang yang dijual di Home Depot dan Lowe’s. Keduanya menjual barang dengan rata-rata harga lebih mahal.

Hasil studi ini bisa menunjukkan prediksi bagaimana gaya dekorasi hunian orang Amerika pada masa yang akan datang.

Ketika sebuah tempat tinggal di Amerika dihuni oleh seseorang berusia 20-34 tahun, maka bisa dipastikan kebanyakan furnitur dan aksesorinya berasal dari IKEA.

Pada tahun-tahun berikutnya, furnitur dan aksesori di rumah mungkin saja berubah, diganti dengan yang berasal dari toko furnitur lainnya.

Penulis: Lidwina Hanna Ratna Maharrini
Editor : Hilda B Alexander
Sumber: www.elledecor.com, earnest,
TAG:

TERPOPULER