Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbaikan Jembatan Cisomang Telan Dana Rp 70 Miliar

Kompas.com - 13/01/2017, 22:30 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

PURWAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan bakal menggelontorkan puluhan miliar rupiah guna memperbaiki Jembatan Cisomang.

Perbaikan Jembatan Cisomang yang berada di KM 100+700 sebagai bagian Jalan Tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi) Jawa Barat bersiap memasuki konstruksi besar setelah beberapa pengerjaan kecil seperti grouting atau penggalian tanah pada pilar A1, P0, P1, P2, dan P5.

"Berdasarkan perhitungan di lapangan dan pengalaman empiris lainnya, kami perkirakan anggaran yang dibutuhkan untuk penanganan Jembatan Cisomang berkisar di angka Rp 70 miliar," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meninjau perkembangan perbaikan Jembatan Cisomang, Kamis (12/1/2017).

Dalam kesempatan yang sama, Basuki juga menegaskan bahwa perbaikan Jembatan Cisomang bisa diselesaikan sesuai jadwal yang telah ditentukan, yakni 31 Maret 2017.

Saat ini telah dilakukan berbagai kajian awal dan persiapan lingkungan kerjanya.

"Mudah-mudahan kalau lancar mulai hari Senin, 16 Januari 2017, akan dimulai penanganan dengan konstruksi bored pile. Insya Allah, akhir Maret 2017 target penyelesaian pekerjaan masih bisa kami penuhi," imbuhnya.

Ada pun jumlah tiang pancang yang akan dipasang sebanyak 50 buah dan kini tim penanganan perbaikan Jembatan Cisomang tengah mencari lapisan batuan breksi untuk meletakkan tiang-tiang pancang tersebut.

Selain itu, pengerjaan berat lainnya yang siap dilakukan adalah strutting atau pengikatan dengan kolom baja di antara pilar P2 dan P3 sepanjang 30 meter.

Kemudian pilar P1 dan P2 juga akan diberikan penguatan dengan pemasangan Fiber Reinforced Polymer (FRP).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com