Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbaikan Jembatan Cisomang Rampung Akhir Maret 2017

Kompas.com - 13/01/2017, 17:30 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

PURWAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menegaskan perbaikan Jembatan Cisomang bisa diselesaikan sesuai jadwal yang telah ditentukan, yakni 31 Maret 2017.

Hal itu disampaikannya saat melakukan peninjauan perkembangan Jembatan Cisomang yang berada di KM 100+700 pada Jalan Tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi) Jawa Barat, Kamis (12/1/2017).

"Saat ini telah dilakukan berbagai kajian awal dan persiapan lingkungan kerjanya. Mudah-mudahan kalau lancar mulai hari Senin, 16 Januari 2017, akan dimulai penanganan dengan konstruksi bored pile. Insya Allah, akhir Maret 2017 target penyelesaian pekerjaan masih bisa kami penuhi," jelas Basuki.

Adapun jumlah tiang pancang yang akan dipasang sebanyak 50 buah dan kini tim penanganan perbaikan Jembatan Cisomang tengah mencari lapisan batuan breksi untuk meletakkan tiang-tiang pancang tersebut.

Selain itu, pengerjaan berat lainnya yang siap dilakukan adalah strutting atau pengikatan dengan kolom baja di antara pilar P2 dan P3 sepanjang 30 meter.

Kemudian pilar P1 dan P2 juga akan diberikan penguatan dengan pemasangan Fiber Reinforced Polymer (FRP).

Pada kesempatan lain, PT Jasa Marga (Persero) Tbk menyatakan bersamaan dengan dengan pekerjaan perbaikan, pihaknya terus melakukan monitoring pergerakan tanah dan pilar dengan teknologi Robotic Total Station secara terus menerus selama 24 jam.

Selain itu juga dilakukan pengukuran secara periodik untuk memantau bila terdapat perubahan elevasi setiap hari.

"Terutama ketika hujan, ini pasti akan agak terkendala makanya semuanya harus diantisipasi karena kemungkinan delay karena faktor cuaca itu ada dan itu mesti diantisipasi dengan baik," tandas Vice President Maintenance Jasa Marga Reza Febriano saat jumpa pers di Jakarta, Kamis (12/1/2017).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com