Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maret 2017, Konstruksi Fasilitas Asian Games Dimulai

Kompas.com - 12/01/2017, 23:30 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rangka mendukung perhelatan Asian Games XVIII 2018, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiapkan pembangunan atau rehabilitasi sejumlah fasilitas pendukung.

Fasilitas ini meliputi venue di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, dan wisma atlet baik di Kemayoran, Jakarta dan wisma atlet Jakabaring di Palembang, Sumatera Selatan.

Selain itu, Kementerian PUPR juga melakukan penataan kawasan di ketiga lokasi tersebut.

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Sri Hartoyo mengatakan penataan kawasan di GBK dan Wisma Atlet Kemayoran akan memasuki tahap konstruksi paling lambat pada Maret 2017.

Targetnya, proyek ini selesai bersamaan dengan rehabiltasi sejumlah venue di GBK pada Oktober 2017.

"Saat ini sedang menunggu persetujuan master plan penataan kawasan GBK sehingga setelah persetujuan bisa langsung dilelang untuk masuk tahap konstruksi,”ujar Sri Hartoyo melalui keterangan tertulis, Selasa (10/01/2017).

Penataan kawasan GBK dilakukan untuk menciptakan kualitas ruang luar bangunan venue yang lebih baik namun dapat menyatu dengan bangunannya.

Perbaikan juga dilakukan terhadap sarana dan prasarana luar bangunan seperti gerbang, loket, pedestrian, parkir, pagar, tempat duduk, toilet.

Kemudian penanda kawasan, food court, playground, outdoor gym dan tempat sampah.

Berdasarkan laporan Satuan Tugas (Satgas) Infrastruktur Asian Games 2018 per 6 Januari 2017, pembangunan/rehabilitasi venue GBK rata-rata sebesar 18,32 persen dari rencana 21,2 persen untuk seluruh paket pekerjaan rehabilitasi yang terbagi mulai dari AG 1 sampai dengan AG 6.

Sedangkan untuk paket pekerjaan AG 7 telah terkontrak pada 7 Desember 2016 lalu dan saat ini dalam tahap persiapan konstruksi.

Pekerjaan pelaksanaan pembangunan/rehabilitasi venue GBK terbagi tujuh paket yaitu AG 1 (Stadion Utama), AG 2 (Training Facility), AG 3 (Stadion Renang), AG 4 (Lapangan Hoki, Panahan, dan Sepakbola A/B/C), AG 5 (Istora), AG 6 (Stadion Tenis Indoor dan Centercourt) dan AG 7 (Stadion Madya, Stadion Softball, Baseball dan Gedung Basket).

Pada Paket AG 1 atau Stadion Utama yang menjadi pekerjaan konstruksi terbesar, saat ini sudah menyelesaikan pembongkaran kursi tribun, dan memasuki tahap pekerjaan perletakan lapisan koral pada Field of Play (FOP) atau lapangan permainan.

Selain itu saat ini juga tengah dilakukan pekerjaan pencucian struktur rangka atap sebelum pekerjaan pengecatan.

Lalu untuk pekerjaan lapangan untuk venue Training Facility atau AG 2 saat ini dalam tahap pekerjaan pembongkaran gedung voli dan pembesian bored pile.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com