Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Lebaran 2017 Bisa Lewat Tol Jakarta Tembus Semarang

Kompas.com - 09/01/2017, 20:39 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

BATANG, KOMPAS.com - Kendati belum rampung 100 persen pembangunannya ruas Tol Batang-Semarang bisa difungsikan, dan melayani arus mudik Lebaran 2017. 

Para pemudik pun bisa memacu kendaraannya dari Tol Dalam Kota Jakarta hingga ke Kota Semarang.

Ruas Tol Batang-Semarang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa yang pencanangannya dilakukan pada Juni 2016. Targetnya, operasional ruas bebas hambatan ini pada Desember 2018 mendatang.

Dalam tinjauan progres pembangunannya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Ruas Tol Batang-Semarang ini merupakan masalah besar yang tidak bisa cepat diselesaikan sejak tahun 2006. 

"Tapi sekarang, alhamdulillah, saya sudah dapat laporan dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), hari ini khusus yang di Batang sudah 100 persen lahannya selesai," ujar Jokowi di Batang, Senin (9/1/2017). 

Jokowi melanjutkan, kondisi serupa di Kendal, dan Semarang juga hampir dipastikan maksimal 100 persen rampung. Apabila pembebasan lahan telah rampung, konstruksi dapat dikerjakan dengan cepat.

"Kalau lahan rampung, namanya konstruksi sudah kebut-kebutan, ini bisa kita pakai pada saat lebaran untuk mengurangi kepadatan lalu lintas pantura," tambah Jokowi. 

Ditambahkan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, keseluruhan perkembangan Jalan tol Trans Jawa sesuai target.

"Saya Sabtu ke sini cek Ruas Tol Pemalang-Batang. Untuk keseluruhan Tol Trans Jawa, segmen Semarang-Soloruas Bawen-Salatiga akan diresmikan," ujar Basuki.

Peresmian itu mengacu pada pembebasan lahan yang sudah mencapai 90 persen, dan target operasional 2018 bisa tercapai.

"Demikian halnya dengan Ruas Tol Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono dan Mojokerto- Surabaya," sebut Basuki.

Rekayasa lalu lintas

Terkait mudik 2017, selain Ruas Tol Batang-Semarang, ruas lainnya yakni Pemalang-Batang dan Pejagan- Pemalang seksi 3 dan 4 juga difungsionalkan.

"Mudik 2017 akan bisa tembus tidak hanya sampai ke Pemalang tapi akan bisa sampai ke Ngaliyan, Semarang. Walaupun fungsional namun sudah dilapisi beton," kata dia.

Fungsionalisasi ruas Tol Batang-Semarang (Ngaliyan) ini akan mempermudah tugas Kepolisian untuk melakukan rekayasa pada saat mudik nanti. 

Rekayasa lalu lintas bisa ditempuh melalui berbagai opsi. Selain Exit Brebes, juga sudah berfungsi empat jalan layang ke arah Prupuk yaitu di simpang sebidang Klonengan, Dermoleng, Kretek dan Kesambi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com