Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rancangan Arsitektur "Berlubang" Paling Unik di Dunia (I)

Kompas.com - 29/12/2016, 15:06 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

Sumber CNN

KOMPAS.com - Para arsitek tahu betul bahwa sebuah lubang tak selamanya identik dengan kekosongan.

Sebuah ruang kosong pada struktur bangunan bisa menciptakan jalan masuk cahaya, memberikan pengalaman berbeda bagi yang berada di dalam, dan memengaruhi kecocokan bangunan dengan lingkungan sekitarnya.

Dari bangunan serupa es batu raksasa hingga berbentuk seperti koin telah membuat para arsitek tertarik merancang bangunan-bangun dengan struktur kosong di beberapa bagiannya.

Berikut ini 11 bangunan dengan sebagian struktur kosong yang melengkapinya.

1. Axel Springer HQ (Berlin, Jerman)

Para arsitek di Buro Ole Scheeren mengajukan rancangan ini untuk markas baru Axel Springer yang merupakan firma mulitimedia terbesar di Eropa.

Ruang terbuka piksel menunjukkan komitmen mereka kepada klien terhadap transparansi.

Di bagian inti gedung ini terdapat celah kosong skala perkotaan yang menggambarkan sebuah sumbu visual antara Barat dan Timur serta memiliki konsep menyatukan dua sisi yang ada.

"Selain itu gedung ini juga sebagai simbol transparansi dan kesadaran historis," tulis para arsitek dalam deskripsi proyeknya.

Buro Ole Scheeren Axel Springer HQ

2. Poro City (Mumbai, India)

Poro City yang dirancang oleh para arsitek dari Khushalani Associates pada 2015 lalu merupakan rencana merestrukturasi lingkungan padat penduduk di Dharavi, Mumbai, salah satu kawasan kumuh terbesar di dunia.

Struktur piramida dalam desain digambarkan para arsiteknya sebagai "integrasi kota tiga dimensi" yang ada di atas lahan seluas 216 hektar dan mampu mengakomodasi sekitar 376.000 orang dan 5.000 bisnis.

Konsep ini juga menawarkan ruang terbuka publik, sekolah, taman, dan rumah sakit. Alam terbuka yang berasal dari 'lubang' bangunan membiarkan kubikel-kubikel berbeda untuk mengisi atau menambahkan jika nanti ada ruang kosong baru.

Khushalani Associates Poro City

3. Opus Office Tower (Dubai, Uni Emirat Arab)

Bangunan yang dirancang mendiang Zaha Hadid ini akan terdiri dari dua struktur ketika selesai nanti dan dikonsepsikan sebagai sebuah kubus tunggal yang terkikis oleh bentuk bebas kekosongan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com