Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkat Konsumsi Tumbuh, China Tambah Mal Baru

Kompas.com - 26/12/2016, 17:39 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

Sumber philstar

KOMPAS.com - SM Prime Holdings Inc membuka mal ketujuhnya di China, dua bulan setelah kunjungan kenegaraan bersejarah Presiden Duterte di negara dengan ekonomi terbesar kedua dunia.

Presiden SM Prime Jeffrey Lim mengatakan pembukaan SM City Tianjin mencerminkan kepercayaan perusahaan pada ekonomi China yang terus berkembang. Mal ini memiliki luas lantai (GFA) 565.000 meter persegi.

"Ini memberi SM Prime perspektif yang lebih luas pada budaya belanja China, memungkinkan kita untuk menangkap peluang yang lebih besar sebagai pengembang properti terintegrasi internasional," kata Lim.

Ia mengatakan, perusahaan ini, akan terus berkembang di China mengingat tingkat belanja konsumen terus meningkat di sejumlah level pendapatan.

Konsumsi China tumbuh menjadi 1,4 triliun dollar AS (Rp 18.6666,6 triliun) pada 2010 dari sekitar 650 miliar dollar (Rp 8.666,6 triliun) pada tahun 2000. Hal tersebut menciptakan China sebagai pasar konsumsi terbesar di dunia.

SM Tianjin merupakan ikon terbaru di wilayah Ekonomi Tianjin yakni kawasan berkembang Binhai New Area.

Wilayah ini merupakan zona perdagangan bebas terbesar di China Utara dan kawasan pusat bisnis yang berkembang.

Hal ini ditandai banyaknya perusahaan internasional bidang logistik dan jasa keuangan yang beroperasi.

Menurut SM Pritime, Binhai New Area adalah rumah bagi lebih dari 2.000 perusahaan dari 130 negara dan dianggap sebagai tiang ekonomi baru di sepanjang Zona Ekonomi Shenzhen Khusus dan Shanghai Pudong New Area.

Dalam hal aksesibilitas, mal dapat ditempuh melalui kota-kota Beijing dan Qinhuangdao melalui bus, dan kereta api berkecepatan tinggi. Mal ini juga berdekatan dengan bandara.

Dengan pembukaan baru-baru ini, SM City Tianjin menambah portofolio mal China SM Prime sebelumnya yaitu SM Xiamen, SM Jinjiang, SM Chengdu, SM Suzhou, SM Chongqing dan SM Zibo.

Dirancang oleh internasional ARQ biro desain, mal ini memiliki tiga struktur yang terlihat seperti bunga mekar besar dari atas. Desain tersebut melambangkan pertumbuhan dan peluang baru bagi mal dan juga kota.

SM Prime memiliki 60 mal di Filipina dengan pembukaan baru-baru SM City East Ortigas di Pasig City 2 Desember lalu dengan luas lantai lebih dari 80.000 meter persegi, dan SM Cherry Congressional di Kota Quezon pada November seluas 13.000 meter persegi.

Kemudian SM City San Jose Del Monte di Bulacan pada April lalu seluas 101.000 meter persegi dan SM City Trece Martires di Cavite pada Mei lalu pada 84.000 meter persegi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com