Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masuk Pedalaman NTT, Mahasiswa Temukan Desa yang Hampir Punah

Kompas.com - 24/12/2016, 18:34 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah Asuh adalah sebuah program yang diinisiasi oleh Yori Antar, seorang arsitek dari Han Awal & Partners Architects.

Program ini dilatarbelakangi kekhawatiran Yori akan hilangnya budaya arsitektur Nusantara.

Yori bercerita, keberhasilan program ini tidak lepas dari peran mahasiswa yang giat mencari DNA arsitektur.

Sementara jika menggunakan bahan belajar di kampus, mahasiswa justru lebih banyak menyoroti arsitektur luar negeri.

"Beberapa mahasiswa dikirim ke Wae Rebo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Kemudian, mereka menemukan sebuah data yang sangat berharga," ujar Yori dalam sebuah diskusi di Jakarta Design Center, Selasa (20/12/2016).

Ia menuturkan, saat di kampung tersebut, mahasiswa membawa serta teknologi yang digunakan untuk menggali arsitektur setempat.

Hasilnya, bagaimana rumah Wae Rebo dibangun kembali pun dapat terekam melalui video. Rekaman tersebut dinilai Yori sangat lengkap bahkan tidak dimiliki antropolog lain.

"Tahun 2008, kami menemukan desa yang nyaris punah. Setelah itu, kami secara rutin mengirim mahasiswa ke sana," tutur Yori.

Biasanya, dokumentasi arsitektur yang ada hanya berupa foto. Namun, dengan rekaman, budaya arsitektur dapat tergambar jelas ditambah data-data yang didapat langsung dari kepala adat.

Mahasiswa yang dikirim ini berasal dari Institut Teknologi Bandung. Ketika akan berangkat, Yori sudah berpesan bahwa mereka akan tinggal di sana selama lebih dari 2 minggu.

Namun, pada akhirnya, mereka justru meminta untuk perpanjangan waktu demi tinggal di Wae Rebo sampai satu setengah bulan.

"Saya kasih tiket sekali jalan, kalau rumah Wae Rebo sudah jadi, baru boleh pulang. Ternyata saat saya jemput, mahasiswa yang dikirim ke pedalaman malah menjadi seperti orang lokal," sebut Yori.

Ia menambahkan, pada 2008 hanya tinggal 2 rumah adat yang ada di Wae Rebo. Saat ini sudah 7 rumah yang terbangun berkat inisiasi Rumah Asuh dan menjadi destinasi wisata baik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com