Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pariwisata Menggeliat, Okupansi Hotel di Jayapura Capai 85 Persen

Kompas.com - 19/12/2016, 10:23 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Berada di bagian paling timur Indonesia, tidak membuat Papua sepi pengunjung. Sebaliknya, Papua terutama ibu kota Jayapura, menjadi destinasi banyak wisatawan dan pebisnis dalam negeri maupun luar negeri.

Salah satu buktinya adalah tingkat hunian atau okupansi hotel yang melebihi angka 50 persen.

"Okupansi rata-rata 80-85 persen. Hotelnya paling banyak bintang 4," ujar Deputy Chief Operating Officer Parador Hotels and Resorts Yohanes Hutauruk kepada Kompas.com, Minggu (18/12/2016).

Ia mengatakan hotel-hotel sekelas bintang 4 ke atas yang ada di Jayapura antara lain Aston, Swiss-Belhotel, dan Horison. Pada waktu-waktu tertentu, hotel-hotel ini penuh oleh pengunjung.

Yohanes membandingkan, di Tangerang Selatan hotel akan ramai pada Senin-Jumat atau hari kerja. Pasalnya, pengunjung di kota ini kebanyakan pebisnis atau yang menggelar pertemuan dengan staf pemerintahan.

Sementara di Jayapura, pengunjung banyak mencari hotel baik pada hari kerja atau akhir pekan. Mereka yang menginap tidak hanya berbisnis, tetapi juga melancong atau berwisata.

"Pariwisata di Jayapura sedang menggeliat. Ada Raja Ampat. Banyak pengunjung ingin ke laut untuk diving atau snorkeling," tutur Yohanes.

Melihat potensi tersebut, Parador tengah menyiapkan hotel baru sekelas bintang 4 tahun depan.

Rencana tersebut sudah dibicarakan sejak akhir tahun 2014 untuk menggaet para pengunjung atau pun warga Jayapura kelas atas.

Terlebih lagi, pada 2018 mendatang, Pekan Olahraga Nasional (PON) juga digadang-gadang akan digelar di Jayapura.

"Rencananya, kami akan buka hotel ini sebelum PON. Momennya harus pas," kata Yohanes.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com