Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Tol di Jawa Barat Beroperasi 2017

Kompas.com - 13/12/2016, 18:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

Sumber ANTARA

BANDUNG, KOMPAS.com - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa menuturkan dua jalan tol baru di Provinsi Jawa Barat yakni Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja), dan Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) bisa beroperasi pada 2017 mendatang.

"Kemungkinan besar yang beroperasi tahun depan itu Soroja dan Bocimi," kata Iwa Karniwa usai memberikan sambutan acara Roadshow Pemanfaatan Tanda Tangan Digital pada Transaksi Elektronik Secara Nasional oleh Kemenkominfo, di Kota Bandung, Selasa (13/12/2016).

Seperti dikutip Antara, Iwa menjelaskan Tol Soroja akan dibuka untuk umum pada awal 2017 sementara Tol Bocimi Seksi I yakni dari kawasan Ciawi hingga Lido (Bogor) beroperasi pada akhir 2017.

Menurut dia, salah satu hambatan yang dihadapi dalam pembangunan Tol Soroja adalah pembebasan lahan.

"Pemantauan saya, insya Allah tahun depan Tol Soroja bisa selesai. Cuma ada kendala terkait tanah wakaf yang sekarang masih dalam proses perizinan. Jadi tanah wakaf  belum tuntas," kata dia.

Sementara, pembangunan sejumlah jembatan di Tol Soroja, salah satunya jembatan yang melintasi Sungai Citarum, yakni di Kampung Pantesan Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung, sudah tersambung.

Jalan Tol Soroja merupakan bagian dari Jaringan Tol Non-Trans Jawa yang telah dimulai konstruksinya sejak September 2015.

Tol sepanjang 10,57 kilometer ini dibangun dalam tiga seksi oleh PT Citra Marga Lintas Jawa Barat (CMLJ) selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dengan nilai investasi sebesar Rp 1,510 triliun.

Biaya konstruksinya diperkirakan mencapai Rp 1,145 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com