Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Geser Jakarta Selatan, Jakarta Timur Favorit Pencari Rumah

Kompas.com - 08/12/2016, 18:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Siklus properti diprediksi akan naik mulai 2017. Hal tersebut ditandai dengan adanya tren pencarian yang meningkat di sejumlah area, salah satunya Jakarta Timur.

Di area ini, banyak calon konsumen mencari properti untuk hunian dan tempat tinggal sendiri karena akses yang dekat ke koridor Simatupang, Jakarta Selatan.

"Dulu kan orang cari rumah di selatan, karena memang diperuntukkan sebagai rumah tinggal, seperti Cibubur, Bintaro, kemudian Bogor," ujar Country Manager Rumah.com Wasudewan di Jakarta, Kamis (8/12/2016).

Jakarta Timur menjadi favorit karena dilewati jalur kereta cepat Jakarta-Bandung. Satu titik di Jakarta Timur yang kemudian diproyeksi akan banyak dicari adalah Halim Perdanakusuma. Properti di daerah ini semakin menjamur.

"Sekarang trennya berubah, setelah Jakarta Selatan (jadi favorit), ada Bandung justru. Kemudian Bekasi, dan Jakarta Timur," sebut Wasudewan.

Ia menuturkan, pihaknya membuat daftar tren pencarian yang dievaluasi dalam beberapa bulan sekali.

Dalam 6 bulan terakhir, Jakarta Timur terus mengalami kenaikan. Faktor lain Jakarta Timur banyak dicari adalah para pekerja di koridor Simatupang yang bertambah seiring pembangunan kantor-kantor baru.

Para pekerja ini, kata Wasudewan, akan mencari hunian dekat dengan Jakarta Timur sebagai lokasi alternatif, misalnya Cijantung dan Taman Mini.

"Pembangunan yang terjadi di Jakarta Timur, seperti LRT (Light Rail Transit), otomatis menciptakan permintaan yang cukup tinggi untuk properti yang di sekitaran stasiun LRT tadi," sebut Wasudewan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com