Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dubai Menuju "Luar Angkasa"

Kompas.com - 07/12/2016, 09:33 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

DUBAI, KOMPAS.com - Bukan Dubai namanya kalau tak berhenti membuat sensasi. Kali ini, kota terbesar kedua Uni Emirat Arab (UEA) itu tengah membangun pusat pariwisata dan hiburan ilimiah pertama dalam jenisnya.

Lokasinya di Mushrif Park yang direncanakan membuat bangunan ini sebagai pintu gerbang ke dunia luar angkasa.

Proyek senilai 20 juta dirham emirati atau setara Rp 724 miliar dari Pemerintah Kota Dubai ini bakal dibangun oleh Thuraya Astronomical Centre, salah satu perencana besar proyek edukasi dan pariwisata di Dubai.

Rencananya, bangunan ini mencakup tempat penelitian terkait astronomi dan juga bakal menjadi pusat pengamatan berbagai fenomena astronomi.

Proyek ini dirancang sebagai tempat referensi edukasi bagi para pelajar dan juga sebuah observatorium astronomi untuk publik dan astronom amatir.

Selain itu, proyek yang dibangun menggunakan standar aplikasi bangunan hijau dan ramah lingkungan ini bakal terdiri dari bangunan utama dua lantai yang berisi satu ruang multifungsi, galeri terbuka, dan kantin.

Observatorium di atas lahan seluas 2.749 meter persegi ini juga menjadi tempat bernaungnya teleskop yang ditutupi kubah berputar.

Juga terdapat galeri Astronomi dan Ruang Angkasa meliputi foto, lukisan, model planet, tata surya, dan bintang-bintang serta pameran permainan ilmiah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com