Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gaet Ascendas, Metland Kembangkan "WOHO" Rp 2,5 Triliun

Kompas.com - 05/12/2016, 19:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah mengesahkan kerjasama dengan Singapura melalui Ascendas Group (Ascendas), PT Metropolitan Land Tbk (Metland) berencana mengembangkan proyek multifungsi atau mixed-use di Tangerang.

Kerjasama yang resmi berlangsung sejak 2015 ini, menghasilkan perusahaan patungan atau join venture bernama PT Metropolitan Karyadeka Ascendas.

"Kerja samanya itu 9,7 hektar dengan pengembangan tahap pertama 1,3 hektar melalui join venture," ujar Direktur Keuangan Metland Olivia Surodjo saat paparan publik di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (5/12/2016).

Pengembangan ini mencakup dua menara apartemen dan satu menara work office and home office (woho).

Selain itu, proyek yang terletak di Metland Cyber City, Tangerang ini, juga akan dilengkapi fasilitas ritel.

Olivia menambahkan, untuk apartemen rencananya bakal dibangun dengan ketinggian sekitar 42-43 lantai. Sementara untuk kantornya, ketinggian bangunan berkisar 39 lantai.

Ia menjelaskan, ketinggian tersebut belum ditetapkan karena masih dalam proses perizinan.

"Nilai proyeknya Rp 2,4 triliun-Rp 2,5 triliun dengan rencana konstruksi pada kuartal akhir 2017," kata Olivia.

Kinerja

Ada pun kinerja perseroan pada kuartal III-2016 mampu laba sebesar Rp 169 miliar atau naik 6,2 persen dari tahun sebelumnya pada periode yang sama sebesar Rp 159 miliar.

Kenaikan laba dipicu oleh kenaikan pendapatan berulang (recurring income) dari hotel dan mal.

Salah satu faktor lain kenaikan tersebut adalah kebijakan pemerintah mengenai perubahan perhitungan Pajak Penghasilan (PPH) final yang semula 5 persen menjadi 2.5 persen.

Total pendapatan usaha perseroan bersandi MTLA ini sebesar Rp 765 miliar, meningkat tipis 2 persen dibandingkan kuartal III-2015 sebesar Rp 750 miliar.

"Kami melihat pertumbuhan yang melandai untuk performa hingga kuartal III dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu karena peningkatan penjualan baru dirasakan sejak Agustus 2016. Jadi, belum tercermin pada laporan keuangan kuartal III," sebut Olivia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com