Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perjanjian Ditandatangani, Dua Tol Baru Siap Dibangun

Kompas.com - 05/12/2016, 13:40 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan dua ruas tol, yakni Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II dan Jalan Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar (KLBM) akan segera dilakukan.

Kepastian itu didapat setelah kedua badan usaha jalan tol (BUJT) yakni PT Jasa Marga Jalanlayang Cikampek dan PT Waskita Bumi Wira (WBW) menandatangani perjanjian pengusahaan jalan tol (PPJT) dengan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Senin (5/12/2016).

"Manfaat dan kapan dibangunnya kedua tol ini sudah jelas, penandatanganan PPJT ini diharapkan membuat kedua tol ini bisa segera dibangun tanpa menunggu lagi groundbreaking groundbreaking," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, selepas acara tersebut.

Jalan Tol Layang Jakarta Cikampek II sepanjang 36,4 kilometer dan Jalan Tol KLBM sepanjang 38,29 kilometer ini diharapkan Basuki mampu menjadi solusi dalam mengurai kepadatan lalu lintas di sekitarnya dan memperlancar distribusi yang mampu mengurangi biaya logistik nasional.

Pembangunan Jalan Tol Layang Jakarta Cikampek II akan terdiri dari sembilan seksi yaitu Cikunir-Bekasi Barat (2,99 kilometer), Bekasi Barat-Bekasi Timur sepanjang 3,63 kilometer, Bekasi Timur-Tambun dengan panjang 4,34 kilometer, dan Tambun-Cibitung 3,30 kilometer.

Kemudian Cibitung-Cikarang Utama 4,46 kilometer, Cikarang Utama-Cikarang Barat sepanjang 2,72 kilometer, Cikarang Barat-Cibatu 3,16 kilometer, Cibatu-Cikarang Timur dengan panjang 2,45 kilometer, dan Cikarang Timur-Karawang Barat sepanjang 9,79 kilometer.

Sedangkan Jalan Tol KLBM yang direncanakan melintasi dua kabupaten yakni Sidoarjo dan Gresik bakal dibangun dalam empat seksi, yakni Seksi I Krian-Kedamen (9,5 kilometer), Seksi II Kedamen-Boboh (9,1 kilometer), Seksi III Boboh-Bunder (10,57 kilometer), dan Seksi IV Bunder-Manyar (9,12 kilometer).

Adapun nilai investasi kedua ruas tol tersebut diperkirakan mencapai Rp 28 triliun lebih, dengan rincian Jalan Tol Layang Jakarta Cikampek II sebesar Rp 16 triliun dan Jalan Tol KLBM sebesar Rp 12,22 triliun.

"Keberadaan dua ruas tol ini tentunya akan menambah progres 1.000 kilometer jalan tol yang siap dibangun dalam RPJMN 2015-2019," tandas Basuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com