Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Pos Lintas Batas Negara Siap Diresmikan 12 Desember

Kompas.com - 04/12/2016, 15:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sembilan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) yang sudah dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tahun lalu siap diresmikan Desember ini.

Ke-9 PLBN tersebut adalah Motaain, Motamasin, Oepoli, dan Wini di Nusa Tenggara Timur (NTT), kemudian Aruk, Nanga Badau, dan Entikong di Kalimantan Barat, serta Skouw dan Waris di Papua.

"Tiga di antaranya yakni PLBN Wini, Motaain, dan Motamasin di NTT rencananya akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 12 Desember 2016," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu (4/12/2016).

Mengutip Jokowi, Basuki mengatakan, PLBN tersebut harus dibangun lebih baik dari negara tetangga.

“Sekali lagi, pembangunan PLBN itu bukan untuk gagah-gagahan, teapi untuk menciptakan pusat-pusat ekonomi di perbatasan,” tambah Basuki.

Untuk diketahui, sembilan PLBN ini tidak dibangun dari awal melainkan sudah ada sebelumnya. Karena dianggap tak layak lagi sebagai pos lintas batas, kemudian dihancurkan dan dibangun baru.

Dua di antara sembilan PLBN itu yakni Entikong dan Motaain telah dibangun sejak 2015, sedangkan tujuh lainnya baru dimulai konstruksinya pada 2016 ini.

Peresmian PLBN ini diprediksi Basuki akan menambah serapan APBN 2016 Kementerian PUPR yang ditargetkan bisa mencapai 93 persen pada akhir tahun ini.

"Sekarang pencapaiannya sudah sekitar 76,6 persen sehingga nanti akhir Desember bisa menjadi 90-an persen keuangan. Fisiknya termasuk pembangunan PLBN yang akan diresmikan pada 12 Desember 2016 nanti,” pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com