Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Premium Lesu, Apartemen Rp 38 Miliar Terjual Satu Setahun

Kompas.com - 30/11/2016, 15:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak seperti pasar properti untuk kelas menengah-bawah yang mulai kembali bergairah, pasar properti khusus kelas premium masih lesu.

Hal ini dibuktikan dengan penjualan Raffles Residence di area pengembangan Ciputra World 1 Jakarta (CW1J) yang tercatat hanya satu unit dalam satu tahun. 

Kendati laku satu, namun harga jual apartemen tersebut sangat tinggi yakni Rp 38 miliar atau sekitar Rp 80 juta per meter persegi untuk luas 470 meter persegi.

Kini, Raffles Residence menyisakan 13 unit dari total 88 unit. 

Baca: Ciputra Property Tunda Pembangunan Hotel W

Ketigabelas unit tersebut siap ditawarkan kepada investor atau ekspatriat seiring diterbitkannya Peraturan Menteri Agraria dan Tata ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 29 Tahun 2016 tentang Tata Cara Pemberian, Pelepasan, atau Pengalihan Hak atas Pemilikan Rumah Tempat Tinggal atau Hunian oleh Orang Asing yang Berkedudukan di Indonesia.

CEO Ciputra Group Candra Ciputra menjelaskan pasar asing memang tidak terlalu besar seperti pasar domestik.

"Namun pasar asing itu seperti pasar saham yang bisa menarik investor dari seluruh dunia. Mereka akan menjadi semacam etalase bagi produk kami," kata Candra.

Direktur PT Ciputra Property Tbk (CTRP) Artadinata Djangkar menambahkah, pasar hunian mewah memang sangat terbatas (niche market). 

"Sudah terbatas, mereka juga sangat rentan isu-isu yang berkembang di market. Mereka menunggu situasi benar-benar kondusif. Karena itu laku satu pun bagi kami sudah cukup bagus," imbuh Arta.

Lesunya pasar premium ini mampu memalingkan CTRP untuk menggarap kelas di bawahnya, yakni menengah. 

Mereka baru saja merilis The Newton yang merupakan bagian dari pengembangan Ciputra World 2 Jakarta (CW2J) Extension.

Baca: Incar Penjualan Rp 629 Miliar, Ciputra Rilis The Newton

Apartemen ini dibanderol seharga Rp 42 juta hingga Rp 44 juta per meter persegi dengan dimensi studio 23 meter persegi, satu kamar tidur 42 meter persegi, dan 2 kamar tidur 62 meter persegi.

Selain The Newton, CTRP juga akan melepas Sadana Villas di Ciputra Beach Resorts Tabanan, Bali, dengan harga perdana mulai dari Rp 880 juta. 

Sadana Villas merupakan klaster kedua setelah Nivata Villas. Dari total 90 unit dalam dua tahap pengembangan, 40 persen sudah terjual dengan harga Rp 3 miliar hingga Rp 7 miliar per unit. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com