Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puan Maharani Minta Basuki Beri Bantuan Pemenang Sanipura Awards 2016

Kompas.com - 25/11/2016, 19:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Asosiasi Kabupaten/Kota Peduli Sanitasi (Akkopsi) memberi penghargaan kepada 10 kota atau kabupaten terbaik dalam kinerja di bidang sanitasi atau air bersih sepanjang 2016.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani meminta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki untuk membantu 10 kota/kabupaten tersebut.

"Saya harapkan kepada yang sudah dapat penghargaan, Menteri PUPR berikan program afirmatif lebih seperti alat berat untuk mendukung dalam peningkatan, pemberdayaan sehingga masyarakat lebih produktif," ujar Puan saat cara City Sanitation Summit (CSS) XVI dan Rakernas Akkopsi VIII di Banda Aceh, Kamis (24/11/2016).

Bantuan ini dapat memacu kepala daerah lain untuk meningkatkan komitmennya dalam hal hidup sehat bagi masyarakat.

Menurut Puan, bantuan ini juga sejalan dengan program Kementerian PUPR yang bersinergi dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Menanggapi hal tersebut, Basuki menyatakan akan melaksanakan permintaan dari Puan tersebut dan memberi bantuan kepada pemenang Sanipura Award.

"Saya mau merespon perintah Menko PMK. Tadi itu kan (permintaan) halus sekali tapi itu perintah," sebut Basuki.

Ia menjelaskan, sudah meminta Ketua Akkopsi untuk memetakan kebutuhan bupati atau wali kota yang menerima Sanipura Award.

Kebutuhan ini bisa berbentuk program atau alat berat. Tindak lanjut bantuan ini, kata Basuki, akan dilaksanakan pada 2017.

Adapun daerah yang mendapatkan penghargaan Sanipura Award yaitu Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Magetan, Kabupaten Sleman, Kota Bogor, dan Kota Makassar.

Kemudian, Kota Balikpapan, Kota Banda Aceh, Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Ngawi, dan Kota Surabaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com