Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Jangan Kesampingkan Pembangunan Infrastruktur Pendukung

Kompas.com - 24/11/2016, 21:03 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta seluruh pihak untuk tidak hanya terfokus membangun infrastruktur utama dan mengesampingkan infrastruktur pendukungnya. Demikian hal itu disampaikan Presiden pada acara "Kompas 100 CEO Forum" di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (24/11/2016).

Jokowi menilai pembangunan infrastruktur pendukung bakal meningkatkan iklim investasi di Indonesia yang lebih baik lagi pada 2017 mendatang.

"Sekarang kita harus lebih banyak bicara infrastruktur pendukung. Jalan tol kan ada rest area, mestinya dirancang dengan baik dan menimbulkan efek ekonomi ke atas dan bawah," ujar Jokowi.

Selain area rehat, Jokowi juga mencontohkan pembangunan asrama pekerja yang mestinya bisa dirancang dengan fasilitas dan desain lebih baik sehingga punya manfaat ekonomi bagi penghuni dan masyarakat di sekitarnya.

Presiden mangatakan bahwa dorongan untuk terus membangun infrastruktur pendukung tak lepas dari nilai investasinya yang lebih kecil dibandingkan membangun infrastruktur pendukung.

"Dengan nilai investasi yang jauh lebih kecil dan dirancang agar bermanfaat secara ekonomi, maka UMKM pun akan terus didorong untuk masuk ke infrastruktur pendukung ini," kata Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com