Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Binakarya Bangun Swiss-belhotel "Arjuna Double Six" di Legian

Kompas.com - 24/11/2016, 15:36 WIB
M Latief

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Binakarya Group melalui unit usahanya PT Binakarya Jaya Perkasa bekerja sama dengan Swissbel Internasional meluncurkan kondotel terbaru, Swiss-belhotel Arjuna Double Six, di kawasan Legian, Bali. Sebelumnya, Binakarya sudah membangun dua kondotel bintang empat, yaitu Swiss-belresort Watu Jimbar di Jalan Danau Tamblingan, Kota Denpasar dan Swiss-belhotel Tuban Kuta di, Kuta, Bali.

Direktur Binakarya Group, Budianto Halim, mengatakan perkembangan pariwisata Bali yang terus meningkat menjadi salah satu alasan untuk mengembangkan kondotel di Bali. Ini dibuktikan dengan mengembangkan kondotel ketiganya di Pulau Dewata tersebut.

"Tingkat okupansi pada dua kondotel kami rata-rata sekitar 80 persen. Ini menjadi keyakinan menjadikan kondotel sebagai bentuk investasi yang masih menjanjikan ke depannya," ujar Budianto, Kamis (24/11/2016).

Bali memang masih destinasi wisata paling popular bukan cuma di Indonesia, tapi juga dunia. Alam dan kekayaan budayanya menjadi magnet yang menarik wisatawan domestik dan mancanegara.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik jumlah wisatawan mancanegara ke Bali pada Juli 2016 lalu naik sebesar 26,54 persen dibandingkan pada Juli 2015. Adapun tingkat okupansi hotel bintang empat di Bali tercatat sebesar 79,58 persen di bulan Juli 2016. Angka itu naik sebesar 12 persen dari 67,91 persen dibanding pada Juli 2015. 

Saat ini Swiss-belhotel Arjuna Double Six disiapkan sebagai hotel bintang empat di kawasan strategis, yaitu Jalan Arjuna Double Six, yang merupakan perbatasan antara kawasan Legian dan Seminyak. Di Bali, kawasan Legian Seminyak dikenal sebagai kawasan utama pariwisata, pusat hiburan dan perbelanjaan yang dapat ditempuh 15 menit dari Bandara Ngurah Rai Internasional Bali dan tak jauh dari pantai paling popular, yaitu Pantai Double Six.

"Target pasarnya sangat jelas dan ramai sehingga akan memiliki tingkat okupansi yang baik. Kami menargetkan hotel ini akan beroperasi pada kuartal IV tahun depan," ujar Budianto.

Untuk mengejar target itu, lanjut Budianto, Swiss-belhotel Arjuna Double Six akan memiliki 165 kamar dengan fasilitas penunjang mulai kolam renang, restoran, kebugaran dan spa. Kondotel tersebut dibangun di lahan seluas kurang lebih 4000 meter persegi dengan total luas bangunan mencapai kurang lebih 13.000 meter yang terdiri dari lima lantai.

Sementara itu, menurut Ratdi Gunawan, Marketing Consultant Swiss-belhotel Arjuna Double Six menambahkan, ada dua faktor perlu diperhatikan sebelum memutuskan berinvestasi kondotel. Kedua pertimbangan itu tidak boleh luput dari perhatian.

"Pertimbangan memilih lokasi kondotel mutlak harus tepat, terutama karena konsep hotelnya. Ada baiknya memang yang di kawasan wisata seperti Bali atau kawasan wisata lainnya," ujar Ratdi.

Sementara faktor balik modal, lanjut Ratdi, adalah pertimbangan finansial yang perlu diperhatikan lebih rinci. Pada faktor inilah nilai investasi akan terasa efeknya atau tidak oleh investor.

Ratdi mengatakan, memilih Bali sebagai lokasi misalnya, sudah sangat tepat mengingat Pulau Dewata masih salah satu tujuan utama wisatawan, baik domestik maupun internasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com