Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia dan Belanda Rancang Terowongan Bawah Air Kapuas

Kompas.com - 21/11/2016, 19:34 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia dan Belanda sepakat menjalin kerjasama khusus di bidang manajemen air.

Salah satu program yang tengah digagas melalui memorandum of understanding (MOU) atau nota kesepahaman antara keduanya adalah pembangunan terowongan bawah air.

"Program masa depan yang sudah dirumuskan salah satunya membuat immerse tunnel atau pelintasan di bawah sungai," ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono setelah menerima kunjungan Menteri Infrastruktur dan Lingkungan Belanda Melanie Schultz van Haegen di Kementerian PUPR, Jakarta, Senin (21/11/2016).

Gagasan ini masih berupa rancangan desain. Menurut Basuki, selama ini pemerintah berupaya untuk menghadirkan sejumlah inovasi infrastruktur, mulai dari rumah apung hingga jembatan apung.

Di lingkungan Kementerian PUPR, pembangunan terowongan bawah air ini rencananya akan melibatkan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) dan Direktorat Jenderal Bina Marga.

"Rencananya ada di Sungai Kapuas, Pontianak. Ini ada di dalam MOU itu," kata Basuki.

Di dalam agenda pembahasan pertemuan Indonesia-Belanda siang ini, terowongan bawah air tersebut akan dimulai dengan studi kelayakan bersama.

Sebuah koneksi tambahan akan memastikan bahwa terowongan bawah air di kota tersebut dapat mencapai manfaat lebih baik bagi pembangunan ekonomi.

Kajian juga dilakukan untuk meneliti solusi biaya yang paling efektif dan paling berkelanjutan terkait pembangunan terowongan. Pada akhirnya, kajian diharapkan dapat berkembang menjadi proyek yang siap tender.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com