Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Juni 2017, Sistem Transaksi Terbuka Mulai Berlaku di Tol Jagorawi

Kompas.com - 18/11/2016, 15:30 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan mulai memberlakukan sistem transaksi terbuka di Jalan Tol Jagorawi per Juni 2017.

Pemberlakukan sistem transaksi terbuka dilakukan Jasa Marga sebagai bentuk peningkatan layanan di bidang transaksi agar lebih cepat dan mengurangi kepadatan di Tol Jagorawi.

Adapun sistem transaksi yang berlaku di Tol Jagorawi saat ini tertutup. Sistem tersebut membuat pengguna jalan dari arah Bogor ke Jakarta atau sebaliknya harus melakukan transaksi sebanyak dua kali, yakni di Gerbang Tol (GT) Entrance/Exit dan di GT Barrier Cibubur Utama serta Cimanggis Utama.

Kedua GT Barrier tersebut memiliki peran menjembatani lalu lintas Jakarta dan Bogor yang ketika jam sibuk maka kepadatannya cukup panjang mencapai lima kilometer.

Dengan sistem transaksi terbuka, pengguna jalan cukup melakukan transaksi satu kali saja di GT Entrance.

Berdasarkan data Jasa Marga, hingga triwulan III-2016, Lalu Lintas Harian Rata-rata (LHR) beban ruas Tol Jagorawi adalah 139.362 kendaraan.

Jika dibandingkan dengan kapasitas jalan tol tersebut, rasionya mencapai 83 persen atau berarti tiga persen di atas LHR normal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com