Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Siapkan Percontohan KPR Mikro

Kompas.com - 14/11/2016, 21:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Program kredit pemilikan rumah (KPR) mikro ditargetkan bakal rilis pada 2017 mendatang, namun belum akan dilakukan di seluruh Indonesia.

KPR mikro merupakaan upaya pemerintah untuk bisa memberikan kredit rumah bagi pekerja non-formal yang selama ini dianggap tidak memiliki akses ke perbankan (bankable) karena tak memiliki pendapatan pasti tiap bulannya.

Oleh karena itu, sebelum bisa diterapkan, pemerintah akan terlebih dahulu mempersiapkan proses-proses yang bisa membuat masyarakat mengerti dengan KPR mikro ini.

"Ya artinya masyarakat tahu skemanya, mekanismenya, tanggung jawabnya, dan kemudian inginnya kami kan mereka membangun sendiri bukan oleh kontraktor atau pengembang," kata Direktur Perencanaan Pembiayaan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Eko D Heripoerwanto, di Jakarta, pekan lalu.

Heri melanjutkan, pihaknya juga menyiapkan bimbingan teknis mulai dari membangun rumah baru atau hanya sekadar renovasi.

Proyek percontohan atau pilot project  sedang dipersiapkan di beberapa daerah yang dianggap siap menerima program KPR mikro.

"Ya kami sudah coba identifikasi dan itu akan kombinasi antara daerah yang siap, masyarakat siap, dan praktik serupa sudah pernah dilakukan. Selain di Pulau Jawa, ada kemungkinan juga di luar Pulau Jawa," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com