Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Dampak Donald Trump Jadi Presiden AS terhadap Properti Indonesia?

Kompas.com - 14/11/2016, 14:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Donald Trump terpilih sebagai presiden ke-45 Amerika Serikat. Sebelum jadi presiden, pria berambut kuning keemasan ini dikenal sebagai konglomerat properti.

Terpilihnya Trump membangkitkan sejumlah spekulasi, khususnya di sektor properti Indonesia. Terlebih lagi, Trump telah merintis hubungan bisnis dengan pengembang nasional MNC Group.

Baca: MNC Group Masih Bungkam soal Proyek Kerja Samanya dengan Trump

Namun, Ketua DPP REI Eddy Hussy menampik spekulasi negatif. Menurut dia, Trump bisa jadi kartu bagi Indonesia untuk semakin terbuka dan mendorong investasi asing masuk ke sektor properti.

Meski belum melihat gambaran pasti, Eddy meyakini bahwa kerja sama Indonesia dengan Amerika Serikat dapat ditingkatkan.

"Trump pasti melihat Indonesia mempunyai potensi, atau bahkan bisa mengarahkan investasi ke Indonesia," kata Eddy kepada Kompas.com, pekan lalu.

Ia menambahkan, REI sebagai perkumpulan para pengembang di Indonesia terbuka akan investasi asing, siapa pun orangnya atau apa pun bentuknya.

Pasalnya, bisnis di Indonesia sendiri membutuhkan investasi besar. Eddy juga mengatakan bahwa pelaku bisnis di Indonesia tidak perlu takut bersaing dengan pebisnis asing asal perusahaannya terukur dan mempunyai aturan main yang jelas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com