Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini, Pembayaran Elektronik Multibank Diberlakukan di Tol Dalam Kota

Kompas.com - 10/11/2016, 13:35 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Demi menyukseskan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT), PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) bersama dengan operator jalan tol PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP) akan melaksanakan implementasi pembayaran elektronik multibank Himpunan Bank Negara (Himbara).

Selain mendukung pemerintah, upaya tersebut dilakukan untuk mempercepat transaksi dan mengurangi antrean di gerbang tol. Adapun yang termasuk Himbara adalah Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN.

Implementasi akan dilakukan JSMR bersama dengan CMNP di Jalan Tol Dalam Kota dan Jalan Tol Soedijatmo mulai 10 November 2016.

"GNTT ini selain lebih mudah juga lebih praktis dan cepat sehingga tidak perlu antre untuk masuk tol," kata Direktur Operasi I JSMR Muhammad Najib Fauzan, di Jakarta, Kamis (10/11/2016).

Pemberlakukan awal untuk implementasi pembayaran elektronik multibank ini sendiri baru berlaku di Gerbang Tol (GT) Halim, GT Cililitan, GT Kapuk, GT Cengkareng (khusus GTO), GT Tanjung Priok 1, dan GT Tanjung Priok 2.

Najib mengatakan, selanjutnya secara bertahap hingga akhir November 2016, implementasi pembayaran elektronik multibank tersebut akan berlaku di seluruh Jalan Tol Dalam Kota dan Jalan Tol Soedijatmo.

Sinergi yang dilakukan antara JSMR dan CMNP bersama dengan Himbara diharapkan mampu meningkatkan animo pengguna jalan tol dalam melakukan transaksi pembayaran elektronik.

"Hingga September 2016, volume pembayaran dengan transaksi elektronik di Jalan Tol Dalam Kota dan Jalan Tol Soedijatmo baru sebesar 31,83 persen. Kami harap adanya multipay elektronik bisa mendorong penetrasi penggunaan kartu elektronik," imbuh Najib.

Pada implementasi awal ini, Najib menekankan, baru kendaraan golongan satu saja yang bisa menggunakan sistem pembayaran elektronik multibank Himbara ini.

Berdasarkan Keputusan Menteri PUPR nomor 507/KPTS/2015 dan 783/KPTS/2016, tarif tol golongan satu di GT Halim, GT Cililitan, dan GT Priok 1 dan 2 ditetapkan sebesar Rp 9.000, sedangkan untuk GT Kapuk dan GT Cengkareng (khusus GTO) adalah sebesar Rp 16.000 dan Rp 7.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com