Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apartemen di Jakarta Pusat Terbakar, Ini Kata Ahli Konstruksi

Kompas.com - 07/11/2016, 22:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Apartemen Casa Domaine yang terletak di kawasan Mas Mansyur, Jakarta Pusat terbakar. Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 17.00 WIB ini, mengepulkan asap hitam yang pekat.

Terkait keamanan gedung yang tengah dibangun ini, menurut Ketua Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia Davy Sukamta, perlu diketahui lebih lanjut berapa temperatur api yang menyala.

"Besi beton terlindungi oleh selimut beton. Tetapi, kalau panasnya berlebih maka akan masuk ke bagian dalam," ujar Davy ketika dihubungi, Senin (7/11/2016).

Davy menjelaskan, jika suhu api mencapai 600 derajat Celcius, kekuatan besi beton mulai menurun.

Sementara kaca yang menjadi fasad bangunan tersebut, bisa ikut meleleh. Namun, karena bukan komponen struktural, maka kaca tersebut bisa diganti.

"Struktur beton bisa juga diperbaiki setelah melewati kajian mendalam. Terutama, menyangkut berapa suhu yang terjadi di komponen beton saat kebakaran," tutur Davy.

Selain panasnya, watu menyala api juga menentukan kerusakan gedung akibat kebakaran.

Adapun dari sisi penyebab, sampai saat ini belum ada informasi dari pihak kepolisian yang pertama kali mengonfirmasi adanya kebakaran.

Sementara menurut Davy, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kebakaran pada bangunan, terutama material yang dipakai.

"Bahan-bahan seperti bekisting kayu atau bahan cat karena mengandung alkohol," kata Davy.

Casa Domaine merupakan pengembangan milik Salim Group bersama Lyman Group dan Kerry Group melalui PT Griyaceria Nusamekar.  

Apartemen ini dirancang sebanyak dua menara, masing-masing setinggi 51 dan 47 lantai dengan total 323 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com