Desainer Ini Ciptakan Furnitur Hanya Lima Menit - Kompas.com

Desainer Ini Ciptakan Furnitur Hanya Lima Menit

Ridwan Aji Pitoko
Kompas.com - 06/11/2016, 21:00 WIB
dezeen Salah satu koleksi furnitur karya Jenny Nordberg.

KOMPAS.com - Desainer industri asal Swedia, Jenny Nordberg membuat sendiri semua koleksi furnitur buatan tangannya hanya dalam waktu tiga hingga lima menit.

Adapun furnitur tersebut terdiri dari dua kursi dengan bantal, troli kecil, dan meja makan dengan empat kursi.

Nordberg membuat seluruh koleksinya dengan menggunakan alat-alat sederhana. Sebelumnya dia memeriksa kemungkinan membuat barang-barang furnitur tanpa bantuan mesin seperti produksi massal.

Dia kemudian memulai pembuatan furnitur dengan berbagai bahan, termasuk kayu rekayasa dari Valchromat, kayu pinus lokal, tanah liat ajar yang tak perlu dibakar, dan minyak biji rami, serta pernis yang semuanya dapat ditemukan di toko bangunan.

"Diskusi mengenai kecepatan dan kreasi buatan tangan yang mampu bersamaan atau tidak merupakan seni. Banyak pengrajin yang tidak menyukai kecepatan. Tapi bagi saya itu bisa menarik. Kecepatan tidak serta-merta kebalikan dari keterampilan," kata Nordberg.

Koleksi furniturnya ini terbuat dari papan Valcromat yang dicampurkan bersamaan untuk menciptakan bentuk persegi. Elemen lekukan duduk dalam bingkai kursi diciptakan untuk membentuk sandaran.

Sementara kursi yang terbuat dari potongan pinus memiliki bentuk papan tipis kontras yang berbaur dengan papan bermotif abu-abu berbintik.

Penambahan tanah liat ke lengan kursi dimaksudkan untuk melunakkan sudut tajam dan membuat pegangan sehingga dapat membentuk desain yang ringan.

Sementara troli yang dibuat, terlihat mirip dengan kursi. Furnitur tersebut dibuat dengan rak pinus yang terpusat pada kursi.

Seluruh koleksi Nordberg dibuat dengan pertimbangan praktis dalam jangka waktu singkat.

Desain, material, serta detail furnitur merupakan dampak dari kurangnya waktu pembuatan. Sebagai contoh, lapisan furnitur tidak menutupi seluruh permukaan, rinciannya begitu sedikit dan tidak sempurna, perakitan sekrup terlihat, serta desain yang ringkih.

"Masalah estetika ini tidak akan terjadi jika aku punya lautan waktu," tandas Nordberg.

Proyek ini mengikuti koleksi Nordberg sebelumnya yang membuat peralatan makan dan aksesori hanya dalam waktu 3-5 detik, termasuk pemegang lilin yang terbuat dari tanah liat keramik.

PenulisRidwan Aji Pitoko
EditorHilda B Alexander
SumberDezeen,
Komentar
Close Ads X