Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam Setahun, 1.544 Rumah MBR Dibangun di NTT

Kompas.com - 06/11/2016, 15:26 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Real Estat Indonesia (REI) Nusa Tenggara Timur (NTT), dalam rentang waktu 2015 hingga 2016, telah membangun 1.544 unit rumah murah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) REI NTT, Bobby Pitoby mengatakan, ribuan rumah itu tersebar di satu kota dan empat kabupaten yakni Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Belu, Sumba Timur dan Sumba Barat Daya.

Komposisinya, 85 persen berada di Kabupaten Kupang dan Kota Kupang. Sisanya 15 persen tersebar di Kabupaten Belu, Sumba Timur dan Sumba Barat Daya.

"Sementara di Kabupaten lainnya seperti Sikka, Timor Tengah Utara (TTU) dan Timor Tengah Selatan (TTS) masih kita jajaki dan targetnya tahun 2017 sudah bisa dibangun,” kata Pitoby kepada Kompas.com, Minggu (6/11/2016) .

Untuk sementara, pembangunan rumah murah hanya berkutat di dua tempat di NTT yakni Kota Kupang dan Kabupaten Kupang. Hal ini yang menjadi pekerjaan rumah bagi REI NTT membangun di sejumlah kabupaten lainnya.

Sayangnya, kata Pitoby, untuk proyek rumah MBR ini, tidak banyak pengembang yang mau terlibat karena keuntungan yang didapat sangat kecil.

Karena itulah, DPD REI NTT akan memberikan pemahaman dan edukasi kepada para pengembang dan kontraktor lokal untuk bergerak membangun daerahnya.

Memang keuntungan kerja rumah MBR ini kecil sekali. Bayangkan saja, harga rumah murah ini dipatok Rp 133,5 juta per unit.

Angka itu sudah termasuk tanah, bangunan, izin, listrik, air, IMB, sertifikat dan jalan paving blok. Tak heran jika banyak pengembang yang justru lebih tertarik membangun rumah komersial untuk kalangan non-MBR.

"Pengembang biasanya main di segmen menengah ke atas, karena untungnya besar,” ucap Pitoby yang baru terpilih sebagai ketua REI NTT.

Untuk 2018 mendatang, REI NTT menargetkan dapat membangun 2.000 unit rumah yang tersebar di beberapa kabupaten.

"Saya targetkan sebelum masa jabatan sebagai ketua REI NTT berakhir (2016-2019), semua kabupaten sudah bisa membangun rumah MBR. Kalau bisa setiap kabupatennya membangun 200 sampai 300 unit,” tandas Pitoby.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com