Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangun Tol Pandaan-Malang, Jasa Marga Dapat Suntikan Rp 1,35 Triliun

Kompas.com - 03/11/2016, 21:55 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. memperoleh pembiayaan kredit dari sindikasi BNI, BCA dan PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) sebesar Rp 1,35 triliun.

Melalui kelompok usahanya, yakni PT Jasa Marga Pandaan Malang (JPM), pembiayaan ini diberikan sebagai dana talangan tanah untuk proyek Jalan Tol Pandaan–Malang.

PT Jasamarga Pandaan Malang adalah operator Jalan Tol Pandaan–Malang yang merupakan perusahaan patungan PT Jasa Marga (Persero) Tbk dengan PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk (PP) dan PT SMI.

Dalam usaha patungan tersebut, kepemilikan saham Jasa Marga sebesar 60 persen, PT PP 35 persen dan PT SMI sebesar 5 persen.

Penandatangan perjanjian kredit sindikasi berjangka waktu 2 tahun tersebut dilakukan oleh Direktur Utama PT Jasamarga Pandaan Malang M. Agus Setiawan, Direktur SMI Edwin Syahruzad, Pemimpin Divisi BUMN dan Institusi Pemerintah BNI Henry Panjaitan dan Kepala Unit Group Business Corporation BCA Yuli Melati Suryaningrum.

Konstruksi Jalan Tol Pandaan-Malang direncanakan mulai akhir tahun 2016 dan beroperasi tahun 2018.

Jalan sepanjang 37,62 kilometer ini mempunyai peranan penting dalam memperlancar arus transportasi yang dapat berdampak pada pertumbuhan sektor rill di Pulau Jawa khususnya Jawa Timur.

Selain itu, Jalan Tol Pandaan-Malang ini merupakan salah satu konsesi Jasa Marga pada tahun 2016 selain proyek Jalan Tol Balikpapan-Samarinda, Jalan Tol Manado-Bitung, Jalan Tol Batang-Semarang dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated).

Hingga triwulan ketiga Tahun 2016, Jasa Marga memiliki jalan tol yang beroperasi sepanjang 593 kilometer atau 61 persen dari panjang jalan tol yang beroperasi di Indonesia.

Adapun total konsesi jalan tol yang dimiliki sepanjang 1.260 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com