Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Synthesis Development Donasikan Rp 424 Juta untuk Ekowisata Wakatobi

Kompas.com - 02/11/2016, 04:46 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

WAKATOBI, KOMPAS.com - Pengembang properti PT Synthesis Development mendonasikan Rp 424 juta untuk pengembangan ekowisata di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Corporate Public and Media Manager Synthesis Development Teresia Prahesti memgungkapkan hal tersebut kepada Kompas.com, Selasa (1/11/2016).

Menurut Teresia, pengembangan ekowisata Wakatobi ini dilakukan dengan menggandeng WWF Indonesia dan Jelajah Biru yang selama ini dikenal sangat memperhatikan pelestarian lingkungan.

"Wakatobi dipilih karena merupakan salah satu dari 10 kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) dan ekowisata berbasis komunitas juga sudah terbentuk. Kami ingin berpartisipasi dengan donasi ini untuk pengembangan lebih lanjut," papar Teresia.

Lebih lanjut dia mengatakan, donasi tersebut bukan dalam bentuk uang tunai melainkan kegiatan partisipasi aktif dalam mempromosikan program ekowisata yaitu berwisata di Taman Nasional Wakatobi yang termasuk dalam area konservasi.

Kegiatan tersebut berlangsung pada 31 Oktober 2016 hingga 4 November 2016. Ekowisata ini diikuti oleh 21 peserta yang sebagian besar merupakan konsumen pembeli properti yang dikembangkan Synthesis Development.

Teresia Prahesti Peserta ekowisata Synthesis Development usai kegiatan menanam mangrove di Parapo, Desa Sambano, Pulau Kaledupa, Selasa (1/11/2016).
Peserta ekowisata akan terlibat dalam kegiatan konservasi seperti menanam pohon mangrove di Parapo, Desa Sombano, Pulau Kaledupa.

Peserta juga dapat menikmati kuliner laut setempat bersama suku Bajo dan melihat sendiri persiapan sajian tersebut melalui ritual tradisi yang tetap dipertahankan hingga kini.

Wakatobi sendiri telah ditetapkan pemerintah sebagai salah satu dari 10 KSPN melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 3 Tahun 2016.

Untuk mempercepat pengembangan pariwisata, Pemerintah Kabupaten Wakatobi akan membangun infrastruktur jalan, jembatan, transportasi, listrik, dan air bersih.

"Kami mengusulkan anggaran senilai Rp 1,2 triliun kepada pemerintah pusat," sebut Bupati Wakatobi H Arhawi Ruda.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com